H-3 Kesehatan Hewan Kurban Diperiksa

TUBEI,BE – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1435 H atau yang biasa disebut hari raya kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong, memastikan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual para pedagang dan peternak. Pemeriksaan hewan kurban Sapi, Kerbau dan Kambing itu dilaksanakan pada H-3 lebaran Idul Adha atau Hari Kamis (2/100) mendatang.
“Nanti seluruh hewan kurban akan kita kumpulkan di rumah potong hewan, hal ini untuk menjalani pemeriksaan hewan untuk memastikan seluruh hewan yang dikurbankan bebas dari penyakit,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong, Ir Ahmad Yon saat ditemui BE kemarin.
Dijelaskan Yon, pemeriksaan hewan kurban tidak hanya dilakukan sebelum pemotongan, tapi juga dilakukan setelah hewan dipotong. Pasalnya, saat ini ada salah satu penyakit hewan yang harus diwaspadai dan diantisipasi yakni cacing hati. Penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan.
“Pokoknya kita mau memastikan seluruh hewan kurban terbebas dari penyakit. Nanti, ada dokter hewan yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan tersebut,” jelas Yon.
Disisi lain, terkait 25 ekor Sapi yang dikurbankan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong ditahun 2014 ini, Kabag Kesra Setdakab Lebong Rusmayadi SSTP menjelaskan, saat ini hampir seluruh desa di 13 Kecamatan telah memasukkan permohonan bantuan hewan sapi. Namun, sebelum dibagikan ke berbagai desa, pendistribusian daging kurban itu harus dirapatkan terlebih dahulu bersama Bupati Rosjonsyah, mengenai desa mana yang akan mendapatkan hewan kurban tersebut.
“Untuk pengajuan sudah kita sampaikan ke Bapak Bupati. Nah sekarang tinggal menunggu keputusan Bupati desa mana saja yang mendapatkan bantuan hewan kurban. Saat ini kita mendata desa mana yang memang tidak ada kurban,” ucap Rusmayadi.(777)