Guru PAUD Tingkatkan Kreativitas Mengajar

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin Mersyah, menekankan pentingnya peran orang tua bersama guru terhadap pendidikan anak usia dini.

Dimana para guru harus kreatif dalam memberikan pendidikan bagi anak PAUD. Hal ini disampaikan Derta saat membuka seminar sehari yang bertema “Guru Kreatif Penggerak Merdeka Belajar” bersama guru PAUD di aula lantai II Pemda Kaur, Selasa (3/3).

“Para kepala sekolah dan tenaga pendidik harus dapat mengembangkan inovasi dan kreativitasnya agar tercipta pendidikan anak usia dini yang lebih menyenangkan,” sampainya.

Dikatakannya, pendidikan anak usia dini pada prinsipnya adalah belajar sambil bermain sehingga harus ada proses belajar mengajar yang mengasyikan bagi anak-anak.

Dengan harapan, terbentuk karakter pada anak tersebut. Juga pemerintah selalu memberikan wadah untuk para guru PAUD untuk terus meningkatkan pengetahuannya.”Oleh karena itu, diperlukan kreativitas para guru PAUD dalam membimbing dan mengasuh anak usia dini yang sesuai dengan umur dari anak-anak itu,” ujarnya.

Ditambahkannya, pendidikan anak usia dini merupakan strategi pembangunan sumber daya manusia harus dipandang sebagai titik sentral, mengingat pembentukan karakter bangsa dan kehandalan SDM ditentukan bagaimana penanaman sejak anak usia dini. Pentingnya pendidikan pada masa ini sehingga sering disebut dengan masa usia emas.

“Untuk itulah, di sini peran tenaga guru diminta untuk bisa beradaptasi dan mampu memiliki keterampilan lebih dalam menangani anak dalam usia dini sehingga menjadi generasi emas,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Darma Wanita Kaur Ny Elmi Nandar yang hadir dalam seminar itu juga menyampaikan, ia berharap agar para guru-guru PAUD ini dapat menyerap ilmu dari seminar, guna meningkatkan kemampuan mereka.Sebab pembelajaran dasar di PAUD ini sangat bermanfaat untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Selain itu anak-anak juga mendapatkan haknya untuk belajar dan bermain.“Saya harap melalui seminar ini para Guru PAUD di Kaur ini lebih kreatif dalam memberikan pelajaran. Juga guru dan orang tua dalam menciptakan pola asuh yang baik bagi anak-anak,” tandasnya. (618)