Guru Dituntut Kreatif

Penghayatan nilai-nilai Pancasila saat ini mulai tergerus zaman. Ini pula yang membuat siswa kerap bersikap anarkis. Salah seorang pengajar di SDN 11 Lebong Utara Herman Susilo SPd mengungkapkan para pendidik kini dituntut lebih kreatif dalam mengajar agar materi yang disampaikan bisa efektif diterima siswa.
“Pelajar kita dengan metode pendidikan sekarang ini masih sangat jauh. Pancasila harus ditanamkan sejak dini, pola pendidikannya yang juga kita ubah. Bukan pola pendidikan yang sangat kaku seperti Orde Baru,” paparnya.

Lebih lanjut, Herman menjelaskan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa. Metode penanaman Pancasila tidak harus dilakukan di dalam kelas. Tapi dapat juga dilakukan melalui kegiatan di luar ruangan. “Tentunya kita prihatin melihat maraknya aksi tawuran yang terjadi di Indonesia saat ini. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terjadi pada Pelajar di Kabupaten Lebong ini.  Untuk itu, kita harus kreatif dalam mengemas pola pendidikan, seperti para pendidik bisa menggunakan kesenian dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Serta masih banyak cara kreatif lainnya,” pungkasnya.(777)