Guru Dilatih Kurikulum 2013

3BENGKULU, BE–  Guna  memantapkan pelaksanaan implementasi kurikulum 2013, Sekolah Dasar Negeri (SDN 1) kota Bengkulu belum lama ini menggelar  pelatihan  kurikulum 2013. Pelatihan ini dilakukan bagi guru kelas 1,2,4 dan 5.
Acara yang dipusatkan di aula pertemuan SDN 1 kota Bengkulu itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs Gianto. Ikut hadir Kabid Dikdas, Gunawan PB, serta pengawas dan ratusan guru.
Kadis Dikbud, Drs Gianto mengatakan,” Diknas bersama dengan LPMP melakukan pelatihan terhadap guru-guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 ini.”
Gianto menuturkan, sekolah dipersiapkan mengimplementasikan kurikulum 2013. Karena kurikulum baru ini membuat sekolah menjadi lebih baik dan lebihmaju.  Melalui pelatihan ini diharapkan mindset guru bisa berubah sesuai dengan kurikulum baru. Yakni menerapkan metode baru tematik integratif dalam mengajar dan mengutamakan aktivitas siswa.
Implementasi  kurikulum ini bukan hanya dilakukan oleh pemerintah, idak menutup kemungkinan pelatihan implementasi ini digelar secara mandiri oleh sekolah. Hingga pada saatnya, sekolah siap melaksanakan kurikulum 2013.
Sementara itu panitia penyelenggara yang juga kepala SDN 1 Kota Bengkulu, Nurhayati Daud saat dikonfirmasi menuturkan, LPMP  diberikan tanggung jawab mengkoordinir  guru kelas 1 dan 2  untuk 28 sekolah. Setiap sekolah  diwakili lima perwakilan kelas  1,2,4,5 dan kepala sekolah. Pelatihan implementasi kurikulum 2013 ini berlangsung sehari. Penerapam kurikulum 2013 menurut Nurhayati membuahkan hasil yang  sangat bagus.
”Pemberlakuan kurikulum KTSP sangat berbeda dengan kurikulum 2013, dalam kurikulum baru ini anak dituntut lebih kreatif, inovatif, kongnitifnya ditonjolkan,” katanya.
Dalam kurikulum baru 65 persen sikap ditanamkan pada siswa. Namun ada kendala dalam penerapan kurikulum ini. Orangtua/walisiswa banyak belum memahami  kurikulum 2013.
”Orang tua lebih menekankan ilmu ketimbang penanaman sikap yang sangat penting pada anak,” katanya. (247)