Gunduli Muenchen 3-0, Satu Kaki Barcelona Injak Partai Final

messi_neuerLionel Messi memberi luka pada comeback Pep Guardiola ke Barcelona. Berkat Messi, Barcelona sukses menekuk Bayern Muenchen dengan skor 3-0 (0-0) pada leg pertama semifinal Liga Champions di Nou Camp, Kamis (7/5) WIB.

Barcelona mulai mengusai pertandingan sejak menit pertama dimulai. Peluang pertama hadir melalui sepakan Luis Suarez pada menit ke-7. Sayangnya, tendangan Suarez masih lemah sehingga mampu dihentikan Manuel Neuer dengan mudah.

Suarez memiliki peluang kedua pada menit ke-12. Kali ini, kesempatan Suarez mencetak lebih besar karena tinggal berhadapan dengan Neuer. Namun, aksi gemilang Neuer mampu menyelematkan sepakan mendatar Suarez dari jarak dekat.

Bayern mencoba keluar dari tekanan. Upaya Bayern hampir menemui hasil pada menit ke-19. Umpan silang Thomas Mueller mengarah kepada Robert Lewandowski yang berdiri bebas tanpa kawalan. Sayangnya, Lewandowski gagal memaksimalkan peluang terbaik itu menjadi gol setelah sontekannya melenceng dari sasaran.

Pertandingan berjalan seimbang selama menit ke-20 hingga ke-35. Barcelona dan Bayern saling gantian menguasai pertandingan, namun kerap gagal memberikan ancaman berarti ke pertahanan lawannya masing-masing.

Peluang berikutnya baru hadir pada menit ke-36. Messi dijatuhkan di luar kotak penalti yang berujung tendangan bebas. Namun, tendangan bebas Messi masih bisa ditangkap Neuer.

Pada menit ke-39, Barcelona kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini, umpan terobosan Andres Iniesta tertuju kepada Dani Alves yang naik membantu serangan. Alves melepaskan tendangan voli yang ternyata dihentikan Neuer menggunakan kakinya. Neuer tampil gemilang dan pertandingan babak pertama pun berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Barcelona mengancam melalui usaha Lionel Messi pada menit ke-57. Mendapat umpan pendek dari Neymar, Messi berhasil melepaskan tendangan keras. Namun, tendangan Messi masih tepat di pelukan Manuel Neuer.

Kebuntuan baru pecah setelah Messi mencetak gol lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti pada menit ke-77. Mendapat umpan dari Dani Alves, pemain asal Argentina itu melepaskan tendangan ke sudut kiri gawang Muenchen.

Itu adalah gol kesembilan Messi dalam sebelas pertandingan musim ini. Gol itu langsung membuat semangat para pemain Barcelona menggelora. Messi lagi-lagi menunjukkan magisnya dua menit berselang.

Berawal dari umpan Ivan Rakitic, Messi berhasil menipu Jerome Boateng. Dengan tenang, megabintang berjuluk Si Kutu itu berhasil mencukil bola melewati jangkauan Manuel Neuer.

Barcelona menegaskan kemenangan lewat gol Neymar saat pertandingan memasuki masa injury time. Lagi-lagi Messi berperan penting setelah memberikan assist untuk pemain asal Brasil itu.

Kemenangan itu membuat Barcelona kini di atas angin. Rival abadi Real Madrid itu hanya perlu bermain imbang pada leg kedua untuk lolos ke partai pemungkas. Sementara, Muenchen harus menang dengan margin empat gol. (jos/jpnn)

Susunan pemain

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 22-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 89), 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (6-Ivan Rakitic 82), 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (12-Rafinha Alcantara 87); 10-Lionel Messi, 11-Neymar, 9-Luis Suarez

Pelatih: Luis Enrique

Bayern Muenchen: 1-Manuel Neuer; 13-Rafinha, 17-Jerome Boateng, 5-Mehdi Benatia, 18-Juan Bernat; 31-Bastian Schweinsteiger, 21-Philipp Lahm, 3-Xabi Alonso, 6-Thiago Alcantara; 25-Thomas Mueller (19-Mario Goetze 79); 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Josep Guardiola

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)