Gulung Portugal, Spanyol Melaju ke Final

Spanyol memastikan diri melaju ke final Piala Eropa 2012. Hal ini terjadi setelah Spanyol secara dramatis menang adu finalti 4-2, dan menggulung Portugal.  Spanyol menanti hasil laga semi final lainnya, yakni Jerman vs Italia. Kemenangan Sanyol tercipta setelah dua pemain Portugal, Joao Moutinho dan Bruno Alves gagal mengeksekusi finalti ke gawang Iker Casillas. Sementara, selain Xabi Alonso, 4 eksekutor Spanyol yakni Andreas Inesta, Gerard Pique, Sergio Ramos dan Fabregas mampu mencetak 4 gol.

Spanyol mendominasi permainan, namun kesulitan menuntaskan serangan. Mereka belum menemukan solusi ketika Portugal menyelipkan serangan yang berujung tembakan Ronaldo pada menit ke-24. Tembakan Ronaldo meleset dari sasaran, tetapi Portugal cukup mampu menahan tekanan Spanyol. Meski tak berbahaya, namun Spanyol beberapa kali kerepotan mengatasi tekanan Portugal.

Menjelang menit ke-30, Spanyol baru bisa keluar dari tekanan Portugal. Tembakan dari Andres Iniesta mengancam gawang Portugal, sayang tendangan tersebut meleset dari sasaran.  Portugal cepat membalas. Usai merebut bola dari Jordi Alba, Moutinho mengirimkan bola kepada Ronaldo. CR7 lalu melepaskan tembakan, namun masih melesat ke sisi kanan gawang Iker Casillas. Sampai pluit turun minum dibunyikan kedudukan tetap bertahan 0-0.

Babak kedua berlangsung lebih terbuka. Spanyol bermain lebih lugas dan Portugal tetap agresif. Namun, mereka sama-sama kesulitan menciptakan ruang tembak dan peluang.  Hugo Almeida mencoba memecah kebuntuan dengan tembakan dari jarak sekitar 23 meter pada menit ke-58, tetapi tembakannya melesat ke atas gawang Spanyol.

Usaha dilakukan Spanyol melalui Xavi di menit ke-68. Tembakannya mampu diamankan Rui Patricio. Portugal membalas dengan dua eksekusi tendangan bebas pada menit ke-73 dan ke-84. Namun, keduanya melesat ke atas gawang Casillas.

Injury time, Ronaldo dapat kesempatan namun gagal memanfaatkannya. Menguasai bola tanpa pengawalan di kotak penalti, ia melepaskan tembakan yang melambung jauh dari sasaran.

Spanyol tampak lebih baik di babak kedua. Selain bisa mencegah lawan bergerak menyerang, mereka juga lebih konsisten mengalirkan serangan hingga tuntas.  Pada menit ke-96 dan ke-104, misalnya, Andres Iniesta melepaskan tembakan. Sementara usaha pertamanya diblok Bruno Alves, percobaan keduanya dijinakkan Rui Patricio.  Pada menit ke-110 dan ke-111, Cesc Fabregas dan Jesus Navas juga mencoba mencetak gol. Sementara tembakan Fabregas diblok Bruno Alves, tembakan Navas kandas di tangan Patricio.

Portugal sendiri beberapa kali mencoba menyelipkan serangan. Namun, usaha mereka banyak kandas di tengah jalan. Setelahnya, mereka kesulitan menutup ruang sehingga beberapa kali hampir kebobolan.(**)