Gulung Filipina 2-1, Thailand Puncaki Grup A

BANGKOK – Thailand layak difavoritkan juara turnamen AFF Cup 2012. Menjalani laga berat versus Filipina, negeri Gajah Putih itu berhasil menang tipis 2-1.
Dengan hasil ini, Thailand berhak memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin. Urutan kedua dan ketiga masing-masing ditempati Myanmar dan Vietnam yang berbagi 1 poin. Sementara Filipina di peringkat terakhir dengan poin 0.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala National ini berlangsung cukup ketat. Selama 20 menit babak pertama, bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Filipina lewat Paul Mulders berhasil mengimbangi lini tengah Thailand yang dikoordinir Datsakorn Thonglao.

Thailand baru bisa menguasai permainan selepas 20 menit pertandingan berjalan. Peluang bersih pertama diperoleh Thailand di menit ke-25.

Berawal dari aksi Anucha Kitpongsri di sisi kanan yang berhasil merangsek ke garis akhir, bola kemudian diumpan mendatar ke dalam kotak penalti Filipina. Thonglao yang berdiri bebas menyambutnya dengan tendangan keras. Sayang tendangannya membentur pemain Filipina dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Thailand akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-39. Gol ini diawali akselerasi Bunmathan di sisi kiri pertahanan Filipina. Sebuah wallpass-nya disambar Jakkapan Pornsai yang dengan cermat mengarahkan bola ke posisi yang kosong. 1-0 untuk Thailand.

Tuan rumah menggandakan kedudukan dua menit setelahnya Anucha Kitpongsri. Gol ini terbilang cantik karena Anucha terlebih dahulu  mengocek bola di kotak penalti berhasil melewati bek Filipina dan kiper Ed Sacapano. Dengan tenang Anucha menceploskan bola ke gawang yang telah kosong.

Terkejut dengan dua gol ini, Filipina mencoba membalas. Tapi hingga 45 menit babak pertama berakhir, skor 2-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua, pelatih Filipina Michael Weiss melakukan perubahan. Ia menggantikan Philip Younghusband yang kurang maksimal pada babak pertama dengan  Marwin Angeles. Menit ke-60 giliran James Younghusband yang keluar. Ia kemudian digantikan Patrick Reichelt.

Meski melakukan dua pergantian, permainan Filipina tetap kurang berkembang. Menit ke-74, Thailand nyaris membuat suporter tuan rumah kembali bersorak.

Sumaya Purisay, yang baru masuk ini lolos sendirian di kotak penalti Filipina dan berhadapan langsung dengan Sacapano. Sayang sekali tendangannya masih menyamping tipis disamping gawang.

Filipina akhirnya bisa memperkecil ketertinggilan pada menit 77 melalui Paul Mulders. Gol ini diawali aksi Reichelt di sisi kiri pertahanan Thailand, yang kemudian memberikan bola mendatar ke kotak penalti yang langsung disambar oleh Mulders.

Di sisa pertandingan Filipina mencoba mengurung pertahanan Thailand. Tapi hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 2-1 untuk Thailand. (abu/jpnn)