Gudang Pupuk Ludes Terbakar

gudang pupuk batu lambangPASAR MANNA, BE –  Awal tahun 2014 di Bengkulu Selatan diawalinya dengan peristiwa terbakarnya salah satu gudang pupuk di BS. Beruntung dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa lantaran tidak ada orang di dalam gudang tersebut. Hanya saja semua pupuk yang tersimpan di dalam gudang itu ludes terbakar. Akibatnya diperkirakan pemilik gudang atau agen pupuk tersebut mengalami kerugian mencapai  milyaran rupiah.
Drs Gunadi Yunir MM warga Desa Batu Lambang Pasar Manna yang juga Wakil Ketua II DPRD BS kepada BE menuturkan peristiwa kebakaran hebat pada gudang pupuk itu terjadi kemarin pagi sekitar pukul 03.00 WIB.
Sedangkan pemilik gudang yakni  Karnidi (40) warga setempat yang merupakan agen pupuk di BS. Hanya saja pada saat kejadian sang pemilik  gudang sedang tidak ada ditempat karena sedang liburan ke Bandung, Jawa Barat.
Menurutnya, peristiwa kebakaran itu baru diketahui setelah api sudah besar keluar dari dalam gudang. Pasalnya saat itu sebagian warga sudah mulai tidur karena sebelumnya habis merayakan pergantian tahun baru. Namun setelah mengetahui api sudah membesar, dirinya dan sebagian warga langsung memberitahukan kepada pemadam kebakaran. Namun api baru dijinakan sekitar pukul 04.30 WIB atau satu jam setengah setelah kejadian. Akibatnya tidak ada satupun pupuk yang  berhasil diselamatkan.
Beruntung rumah tinggal korban tidak menyatu dengan gudang itu. Sebab rumah tinggal korban berada di belakang terpisah dari gudang. Namun dengan jarak berdekatan. Sehingga meskipun gudang pupuk hangus terbakar, Namun rumah korban berhasil diselamatkan, setelah warga bersama dengan petugas kebakaran secara bersama-sama menjinakan api. “Dalam gudang itu hanya pupuk dalam jumlah banyak, tapi kalau jumlah persisnya kami tidak tahu sebab pemiliknya sedang liburan,” terang Gunadi.
Sementara itu, Kapolres BS, AKBP Abdul Muis SIK melalui Kapolsek Kota Manna, Iptu Miza Yanti Karleni membenarkan  jika kemarin pagi ada peristiwa kebakaran yang terjadi di Desa Batu Lambang. Kebakaran ini telah menyebabkan gudang pupuk beserta isinya ludes terbakar. Menurutnya dugaan sementara kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik. Sebab saat kejadian tidak ada aktifitas di dalam gudang lantaran pemiliknya sedang tidak ada di tempat.
“Dugaan sementara kami karena korsleting listrik, sebab pertama kali warga melihat api dari dalam gudang, namun pastinya masih kami selidiki,” terangnya. (369)