Gubernur Sebut Bank Wakaf Mikro Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi

Foto Hendrik/ BE – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah

BENGKULU, Bengkuluekspress.com –
Keberadaan Bank Wakaf Mikro (BWM) yang sedang digagas pendiriannya di daerah itu diyakini dapat mempercepat pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Selasa (22/6).

“Sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang pembentukannya digagas oleh Presiden dan Wakil Presiden RI, BWM akan ikut menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal,” kata Rohidin.

Mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan itu mengatakan, Bank Wakaf Mikro saat ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maka keberadaannya tentu akan mendukung program pemulihan ekonomi yang sedang digenjot oleh pemerintah saat ini.

“Namun dalam tahap persiapan pendirian ini, perlu dilakukan seleksi untuk menentukan lembaga keagamaan mana saja yang memiliki kompetensi untuk menjalankan BWM tersebut,” ungkapnya.

Rohidin menargetkan, empat bulan ke depan dapat berdiri BWM di Bengkulu. Namun perlu disaring betul lembaga yang nantinya menjalankan BWM nantinya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu Tito Adji Siswantoro mengatakan keberadaan BWM ini nantinya dapat membangun ekosistem inklusi keuangan syariah di lingkungan pesantren yang sebelumnya belum mendapat produk keuangan.

“Dengan sistem keuangan yang sangat sederhana, BWM diyakini dapat mendorong masyarakat di sekitar pesantren meningkatkan usaha mikro yang ada,” tutupnya. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*