Gubernur Sampaikan LKPJ Tahun 2020

Foto 1 Hendrik/ BE – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020, pada Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (29/3).

 

Rohidin : Siap Terima Masukan Dewan

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020, pada Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (29/3). Dalam penyampaian itu, Rohidin menyatakan siap menerima saran dan masukan dewan atas kinerjanya di tahun 2020 lalu, sebagai koreksi untuk kinerja di tahun 2021.

“Secara resmi LKPJ Gubernur tahun 2020 telah kita sampaikan, nanti DPRD bisa mengkoreksi atau memberi saran dan masukan yang akan untuk perbaikan kinerja kedepannya,” kata Rohidin, Senin (29/3).

Rohidin mengungkapkan, penyampaian LKPJ sendiri merupakan wujud akuntabilitas dan transparasi atas kinerja Gubernur selama 1 tahun. Namun dalam pelaksanaan kinerja tersebut juga mengikuti dan mempertimbangkan program nasional.

Foto 2 Hendrik/ BE – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020,

“Dalam kinerja yang sudah kita lakukan, kita juga mengacu pada RPJMD tahun 2016 – 2021,” ujarnya.

Politisi Golkar itu menjelaskan, beberapa pencapaian yang sudah didapatkan di tahun 2020, diantaranya terkait keberhasilan menekan nilai inflasi dan peningkatan PDRB.

Namun kendati demikian juga ada beberapa penurunan, diantaranya yakni penurunan pertumbuhan ekonomi yang menurun -0,05 persen. Termasuk juga peningkatan jumlah masyarakat miskin akibat dampak dari Pandemi Covid-19.

Foto Hendrik/ BE – Sejumlah Anggota DPRD Provinsi Bengkulu mendengarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020, pada Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (29/3).

“Walaupun perekonomian menurun, namun bukan hanya Bengkulu saja, akan tetapi semua Provinsi mengalaminya akibat dampak pandemi Covid-19. Bahkan secara nasional penurunan pertumbuhan ekonomi di Bengkulu termasuk yang terendah,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi, Ihsan Fajri S.Sos M.M menyampaikan bahwa dewan memiliki waktu paling lambat 30 hari untuk mengkaji setelah LKPJ Gubernur disampaikan. Dimana LKPJ ini selanjutnya akan dibahas ditingkat fraksi, untuk kemudian menjadi catatan atas kinerja Gubernur kedepannya.

“Dijadwalkan rapat paripurna DPRD Provinsi dengan agenda pembahasan atas LKPJ Gunernur akan dilaksaakan pada tanggal 12 April 2021 mendatang,” tutupnya. (HBN/Adv)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*