Gubernur Paparkan Lima Fokus Pembangunan, Dewan Minta Jangan Hanya Seremonial

Foto IST/ BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah memaparkan lima fokus pembangunan pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2022 pada Musrenbang Provinsi Bengkulu, Kamis (8/4).

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah memaparkan lima fokus pembangunan pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2022 padabMusrenbang Provinsi Bengkulu, Kamis (8/4).

Rohidin mengatakan, Musrenbang sudah selesai dilakukan secara hibrid (dengan metode daring dan luring). Dimana sifatnya tinggall penyempurnaan mulai dari pemerintahan tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota hingga Provinsi.

“Dalam Musrenbang tadi, ada 5 program prioritas, yang juga disinkronkan dengan kebijakan nasional. Selain itu juga ada penguatan dan penyempurnaan program dari peserta,” ujar Rohidin di salah satu hotel di kota Bengkulu, Kamis (8/4).

Politisi golkar itu menjelaskan, program-program prioritas itu yakni terkait koneksitas interkoneksi jaringan listrik dan peraturan masyarakat adat. Lalu, terkait hutan kemasyarakatan, infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan desa wisata, serta beberapa program lainnya.

“Maka kita minta OPD tentunya membuat target untuk program-program tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Drs. Sumardi, MM menekankan, agar Musrenbang provinsi Bengkulu. jangan hanya menjadi kegiatan seremonial belaka.

Menurutnya, agar tidak terkesan jadi kegiatan seremonial, tentunya apa yang sudah direncanakan harus direalisasikan walaupun secara bertahap. Karena Musrenbang memiliki peranan yang sangat penting dalam merencanakan pembangunan di daerah.

“Terkadang masih ketap terjadi pembangunan yang tak sesuai dengan apa yang diperoleh dalam Musrenbang. Sehingga menuai penilaian jika Musrenbang sekedar kegiatan rutinitas ataupun seremonial saja,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*