Gubernur Minta Sekda Pejabat Senior

=Foto Rohidin Mersyah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pendaftaran calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, masih berlangsung sampai tanggal 13 Desember mendatang. Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah mulai membocorkan kriteria yang diinginkannya untuk pejabat yang menduduki jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu. Salah satunya meminta pejabat senior eselon II yang memenuhi syarat untuk menjadi sekdaprov.

“Kalau saya, pilih yang pertamaharus betul-betul pilih pejabat senior yang bisa menjadi manajerial untuk ASN secara opresional,” ujar Rohidin kepada BE, kemarin (9/12).

Pejabat senior, menurut Rohidin, menjadi pilihan yang tepat. Sebab, dari kesenioran itu maka bisa membimbing secara managerial ASN dalam bekerja. Tidak hanya soal senior, Rohidin juga memberikan kreteria lain. Yaitu sekda harus bisa mendukung dan mengakselerasikan program dan visi misi gubernur. “Ini juga penting,” tambahnya.

Kemudian, kreteria selanjutnya, Rohidin meminta sekda nantinya bisa menguasai komunikasi, mampu membangun kaloborasi dengan semua mitra kerja, baik itu kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan pihak lainnya.

“Termasuk menjalin komunikasi dengan teman-teman media. Itu penting sekali, untuk posisi strategis jabatan sekda. Kita butuh figur seperti ini,” tutur Rohidin.

Menurut Rohidin, jabatan sekda menjadi jabatan strategis dalam pemerintahan. Selain mampu mendorong birokrasi bekerja maksimal, juga mampu membawa jabatan keposisi strategis apapun. Kemampuan managerial harus lebih tinggi dibanding pejabat dibawahnya.”Manajerial itu harus lebih dari 80 persen. Soal teknis itu ada di kepala dinas, urusan adminitrasi surat menyurat itu ada asisten, ada biro. Itulah sekda, fungsi manajerialnya,” ungkapnya.

Disamping itu, jabatan sekda juga harus mempu memediasi semua masalah yang masuk ke pemprov. Dari hasil mediasi itu nantinya bisa diputuskan sebuah kesimpulan dalam memecahkan masalah. Jika tidak bisa lakukan itu, maka untuk menjadi sekda harus berfikur berulang kali. “Kita butuh sekda seperti itu,” tegas Rohidin. Untuk itu, Rohidin meminta pejabat eselon II yang ada di pemprov, kabupaten/kota serta kementerian dan luar Provinsi Bengkulu bisa ikut mendaftarkan diri. Selagi memenuhi syarat tidak ragukan diri mendaftarlah. “Silahkan yang memenuhi syarat. Kita buka ruang, ikut aja semua,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti melalui Kepala Bidang Mutasi dan Promosi, Hendy Afrizal mengatakan, sampai saat ini yang sudah mendaftarkan diri sebagai sekda melalui sistem online sudah ada 8 orang pendaftar. Dari 8 orang pendaftar calon sekda itu, berasal dari pejabat pemprov dan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu.”Dari 8 orang itu, 7 orang sudah terverfikasi pendaftaran. Sementara satu orang lain masih belum menentukan formasi jabatan sekda,” terang Hendy.

Menurutnya, pendaftar yang ada saat ini belum sesuai target. Sebab, pendaftaran yang dibuka secara nasional itu, belum ada diikuti dari pejabat luar Bengkulu. Jika banyak pendaftar maka memudahkan dalam proses seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksai (pansel).”Masih didominasi dari Bengkulu semua,” paparnya.

Meski demikian, masih ada waktu untuk mendaftarkan diri. Sebab, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 13 Desember mendatang. Termasuk penerimaan berkas pendaftaran juga harus diserahkan ke BKD Provinsi Bengkulu.
“Kalau sudah berkas syarat diserahkan, tanggal 14 Desember akan ketahuan siapa yang mendaftar dan dari mana saja. Sekarang masih kita tunggu yang benar-benar mendaftarkan diri,” tandas Hendy. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*