Gubernur Bengkulu Surati Menkominfo Minta Turunkan Tarif Internet untuk Mahasiswa

Foto Hendrik/ BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah akan bersurat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk meminta agar provider dapat menurunkan tarif internet khususnya bagi mahasiswa di Bengkulu.

Hal itu disampaikannya usai coffee morning bersama pimpinan Perguruan Tinggi di Bengkulu dan Badan Eksekutif Mahasiswa membahas dampak covid-19 terhadap proses belajar mengajar dan perkuliahan di Provinsi Bengkulu, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (18/6).

“Kita akan bersurat dengan menkominfo, agar dapat menurunkan tarif untuk semua provider khususnya bagi penggunanya mahasiswa,” ujar Rohidin.

Karena, menurut Rohidin pada pandemi mahasiswa lebih banyak menggunakan internet provider dalam hal belajar maupun mengerjakan tugas. Hal itu lantaran sistem perkuliahan saat ini dilakukan secara daring tanpa bertatap muka.

“Tentu penggunaan internet lebih meningkat saat pandemi covid-19 ini. Seharusnya mereka (Provider) dapat menurunkan biaya penggunaan internet karena menyesuaikan dampak ekonomi masyarakat pada umumnya,” kata Rohidin.

Ditambahkan Rohidin, itu langkah yang diambil sebab banyak keluhan mahasiswa terkait kuliah daring saat ini. Kemudian, diakui Rohidin, pihak provider juga telah berjanji untuk meningkatkan kualitas layanan internet di Perguruan Tinggi yang ada di Bengkulu.

Sementara itu, Verdi dari Telkomsel Bengkulu yang hadir mengatakan, pihaknya mengaku siap untuk meningkatkan kualitas layanan internet di kampus-kampus perguruan tinggi yang ada di Bengkulu untuk menunjang sistem perkuliahan secara daring.

“Mungkin untuk layanan kualitas jaringan di kampus negeri maupun swasta kita siap. Tetapi untuk tarif yang dibahas tadi bersama maka akan menjadi pertimbangan kebijakan apa yang akan dilakukan oleh pihak telkomsel,” tutup Verdy. (HBN)