Gubernur Bengkulu: Pancasila Harus Diamalkan Dalam Kehidupan

Foto: Media Center Provinsi Bengkulu.

Bengkulu, Bengkuluekspress.com -Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh tepat 1 Juni pada 2019 ini, Gubernur Bengkulu Dr. H Rohidin Mersyah menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang di selenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu (1/6). Dalam sambutannya, Rohidin berpesan Pancasila harus diamalkan dalam setiap pola kehidupan.

“Pancasila sebagai idiologi negara. Sebagai dasar negara tentu ini sebuah nilai luhur bangsa yang harus dijaga dan kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Gubernur Bengkulu kepada Bengkuluekspress.com.

Dialanjutkan Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu, 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila merupakan refleksi dari momentum sejarah pendiri bangsa berhasil menggali nilai fundamentalis bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun taman sari kebudayaan yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

“Diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling berkerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” tandasnya

Ditambahkan Rohidin, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Konsisten bahwa Pancasila sebagai dasar negara, idiologi, serta pandangan dunia yang membawa kemajuan bagi seluruh bangsa Indonesia.

“Kita harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dan makmur. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegas Rohidin

Tampak hadir pada kegiatan itu, FKPD Provinsi Bengkulu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Asisten, serta Kepala OPD di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu. (HBN)