Gubernur Bengkulu Minta Pemda Genjot Realisasi Anggaran Covid-19

Foto IST/ BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah memimpin Rakor Satgas Covid secara virtual di Balai Raya Semarak, Jumat (4/9).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah meminta Pemerintah Daerah (Pemda) membelanjakan anggaran hasil refocusing dan realokasi untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19. Dengan semakin gencarnya pemerintah membelanjakan anggaran hasil refocusing dan realokasi di masyarakat tentu akan berdampak besar.

Menurut Rohidin, pemerintah pusat juga terus mendorong anggaran belanja pemerintah daerah untuk agar segera dibelanjakan, hal ini agar berdampak pada perekonomian di tengah masyarakat.

“Untuk Bengkulu sendiri saat ini secara keseluruhan penggunaan anggaran baru mencapai angka 44,06 persen. Tentu harus terus ditingkatkan, supaya terjadi pertumbuhan ekonomi dan masyarakat ikut merasakan,” ujar Rohidin usai Rakor Satgas Covid secara virtual di Balai Raya Semarak, Jumat (4/9).

Dikatakan Rohidin, dari sisi belanja program pemerintah pusat di OPD terkait seperti Disperindag, Disnakertrans, PMD dan DiskopUMKM, banyak mendapatkan kuota bantuan dari kementerian dan harus dipastikan tepat sasaran agar kembali dapat mengusulkan kuota tambahan. Diantaranya ada program subsidi gaji, Bengkulu mendapatkan kuota sekitar 41 ribu namun belum terealisasikan secara penuh.

“Jadi disini, Disnakertrans perlu mengupayakan, agar seluruh masyarakat yang sesuai kriteria mendapatkan bantuan ini. Jika kuota 41 ribu terpenuhi dikali 600 ribu per bulan, tentu dampak geliat pertumbuhan ekonomi yang lebih besar,” tegas Rohidin.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*