Gubernur Bengkulu Imbau Masyarakat Cek Instalasi Dirumah

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, mengimbau masyarakat Bengkulu, untuk selalu mengecek dan memeriksa kembali instalasi listrik yang berpotensi terjadinya kebakaran. Hal itu karena angka kebakaran rumah akibat aliran listrik di Provinsi Bengkulu, sangat tinggi.

“Perlu diimbau agar masyarakat menyerukan gerakan menyeluruh untuk pengecekan instalasi di rumah. Karena, di Provinsi Bengkulu, hampir setiap minggu terjadi kebakaran karena aliran listrik,” ucap Gubernur Rohidin Mersyah saat Konferensi Pers terkait pencanangan 100% rasio desa berlistrik di Provinsi Bengkulu, di ruang Media Center kantor Gubernur Bengkulu Selasa (24/4).

Dikatakan Rohidin, kebakaran akibat arus pendek listrik di Bengkulu, kebanyakan karena jaringan listrik tidak standar. Tingkat penyebab kebakaran di Provinsi Bengkulu sangat tinggi juga karena saluran instalasi tidak dirawat.

“Hal itu bukan kesalahan teknis dari PLN. Melainkan diperlukan kesadaran masyarakat agar menjaga keselamatan, serta menjaga instalasi listrik di rumah. Apalagi sudah berpuluh tahun dan colokan tidak pernah dicabut yang sering menyebabkan kebakaran akibat arus pendek listrik,” tukas Gubernur.

Manajer PLN Area Bengkulu, Hanfi Andrehan Abidin mengatakan, tingkat kesadaran, serta partisipasi masyarakat sangat diperlukan. Apalagi kebanyakan masyarakat jarang memeriksa ataupun melakukan pengecekan instalasi di rumah.

“Terkadang jika melakukan pemasangan sesuatu tanpa menghubungi PLN sehingga tidak terstandarisasi,” tuturnya.

Padahal konsumen bisa menghubungi PLN untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan melalui call center. Biayanya tidak terlalu besar hanya Rp 100 ribu untuk pengecekan yang akan aman selama 15 tahun kedepan. (HBN)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*