Gubernur Bengkulu: Festival Tabut Harus Lebih Meriah Lagi

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, secara resmi melepas dan mengikuti arak-arakan Tabut Tebuang, yang merupakan puncak rangkaian Festival Tabut 2019. Gubernur Bengkulu, berharap kedepan Festival Tabut yang digelar setiap 1 hingga 10 Muharam itu lebih meriah lagi.

“Kedepan jangan berhenti sampai di sini. Event ini harus dipromosi lebih luas lagi dan keterlibatan masyarakat harus gencar mempromosikan wisata budaya Bengkulu ini,” ujar Rohidin Mersyah kepada Bengkuluekspress.com, usai mengikuti arak-arakan Tabut Tebuang, Selasa (10/9).

Dilanjutkan Mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan itu, kedepan event ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu, namun tetap nilai kebudayaan Tabut yang harus dikedepankan.Gubernur melanjutkan, tentu Festival Tabut ini sangat membanggakan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu, sebagai event tahunan yang selalu dikemas, diperbaiki, serta dikembangkan sebagai budaya lokal bengkulu yang coba kita angkat pada level nasional bahkan internasonal.

“Memang kita harus bertahap memperbaikinya, baik itu dari sisi promosi, pelaksanaannya, maupun fasilitas pendukung sehingga tidak mengurangi kesakralan Tabut itu sendiri. Serta kesadaran masyarakat sendiri jangan membuang sampah sembarangan saat menyaksikan Festival Tabut,” ungkap gubernur.

Sementara itu, ribuan warga Bengkulu memadati sepanjang jalan rute yang dilalui arak-arakan Tabut Tebuang. Mulai dari di sekitaran Jalan Jend. A. Yani-S.Parman- Jalan Jati-Jalan May Jend Sutoyo hingga ke lokasi Pemakaman Karabela, Kota Bengkulu. Pemakaman Karabela merupakan lokasi prosesi pembuangan Tabut dilaksanakan.

Sekda Provinsi Bengkulu, Novian Andusti, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Supratman dan beberapa Pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, ambil bagian mengikuti arak-arakan ‘Tabut Tebuang’ bersama rombongan Kerukunan Keluarga Tabut (KKT). Dengan berjalan kaki menyusuri rute tersebut, sebagai rangkaian dari puncak acara Festival Tabut 2019. (HBN/Adv)