Gub Resmikan Gedung Adat Ika Semaku

IST/Bengkulu Ekspress  Gubernur Bengkulu meresmikan gedung Ika Semaku, Minggu (10/3) malam.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Gubernur Bengkulu Dr. H Rohidin Mersyah, MMA meresmikan gedung Adat Ikatan Keluarga Semaku (Seluma, Manna dan Kaur) yang berada di Jalan Raya Padang Kemiling Kota Bengkulu, Minggu (10/3) malam.  Gubernur berharap Ika Samku dapat menjadi sebuah organisasi yang bersifat inklusif agar produktif menunjang pembangunan daerah.

“Semaku ini menggambarkan keberagaman. Terkait wilayah, Seluma, Manna, Kaur ini menggambarkan kawasan. Bukan ikatan kesukuan saja. Tiga daerah ini bahasa, adat budayanya beda-beda, namun ketika dengar Semaku, menjadi begitu kuat, mengkristal. Ika Semaku ini bukan soal kesukuan, tapi soal ikatan kekeluargaan. Saya merasakan betul, tak usah digiring – giring, diimbau, kalau rasa kebersamaan orang Semaku itu, kuat mengkristal bak karang di dasar lautan. Keras sekali kekuatan ikatan itu. Dan ini nilai yang diwariskan turun temurun. Ini kita jaga. Kalu pun ada yang coba menciderai, siap-siap sanksi sosial akan menimpa,” papar Gubernur saat memberikan arahan.

Pada malam peresmian gedung sekaligus pentas Seni ‘Semalam di Bumi Semaku’ ini, Gubernur juga berpesan agar organisasi seperti Ika Semaku ini harus bersifat inklusif, bukan ekslusif. Inklusifnya bukan hanya untuk warga Seluma Mana Kaur, tapi juga untuk semua masyarakat Provinsi Bengkulu.  “Di Bengkulu ini kan ada orang Rejang, Pekal, Lembak, Minag dll, dari inklusif ini kita inginkan terjadinya interaksi yang bermuara produktif ke depannya. Ketika berinteraksi itu berikan warna, berikan warna yang positif, bukan yang memecah belah,” imbuhnya.



Terkait peresmian gedung Ika Semaku, Gubernur Bengkulu mengatakan gedung ini akan jadi centra budaya dan akan mendukung kinerja pemerintah dalam hal kegiatan pembinaan kemasyaratan. Orang Semaku di ada politisi, ada dalam pemerintahan, pebisnis, media ini adalah kekuatan yang harus diwujudkan dalam bentuk kemandirian.

“Sehingga harapan saya ini lembaga ini bisa produktif dan mandiri. Pikirkan kegiatan ekonomi yang bersifat produktif, yang bisa dikelola Ika Semaku. Sehingga dia nanti bisa hidup dalam waktu yang tak terbatas, tak tergantung dengan politisi manapun, tak bergantung dengan siapa gubernurnya. Ini bukan bentuk sombong, tapi ini adalah bentuk komitemen yang kuat. Ini harus dipikirkan, punya gedung seperti ini harus dipikirkan apa solusinya, sayang kalau ini tidak dimanfaatkan dengan baik,” pesannya.

Di sisi lain, Gubernur Bengkulu didampingi Bupati Bengkulu Selatan, Kaur dan Seluma ini melakukan penandatanganan prasasti tugu bujang gadis, prasasti pasar bawah, danau kembar, dan gapura pintu masuk pantai panjang.  Sementara itu, Ketua Ika Semaku Drs. Sumardi, MM mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu dan DPRD Provinsi Bengkulu. “Untuk pemanfaatan gedung ini, akan kami segera buat jadwalnya. Gedung ini sangat berguna sekali buat Ika Semaku dan masyarakat pada umumnya,” tandasnya. (cik5/prw)