Gub : Peda di Mukomuko Tersukses

( FOTO A) Pemukulan dol pertanda Peda KTNA ke XIV secara resmi dibukaMUKOMUKO,BE – Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mukomuko  sebagai tuan rumah Pekan Daerah (Peda) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIV. “ Kabupaten Mukomuko dalam pelaksanaan Peda kali ini adalah kabupaten yang tersukses,” kata Junaidi.
Hal ini terlihat dari semua persiapan mulai dari awal hingga dibukanya Peda ini berjalan baik dan lancar. Pada kesempatan itu beberapa perwakilan KTNA menyampaikan usulan diantaranya meminta adanya kredit ternak  sapi. Hal itu  salah satu untuk mendukung tercapainya swasembada daging. Adanya penambahan  petugas penyuluh lapangan (PPL)  minimal satu desa satu PPL, adanya dana hibah dari APBD untuk KTNA sehingga KTNA yang ada di Provinsi Bengkulu dapat bekerjasama dengan SKPD-SKPD terkait.
Ini dilakukan untuk mendukung program-program pemerintah kedepannya lebih baik. Sejumlah permintaan disampaikan KTNA tersebut langsung direspon positif oleh Gubernur. Mengenai PPL satu desa satu PPL pihaknya akan berkoordinasi kepada BKN dan Kemenpan dan RB,pasalnya jumlah PNS dijajaranannya sudah berlebih. Tidak menutup kemungkinan PNS yang berlebih itu nantinya akan dilatih dan diberikan pendidikan sehingga bisa diberdayakan untuk menutupi kekurangan tenaga PPL dilapangan. Begitupun mengenai dana hibah, Gubernur meminta KTNA untuk mengajukan proposal.  Proposal itu nantinya akan dibahas bersama anggota DPRD. “ Untuk di APBDP tahun 2013 ini saya menilai tidak memungkinkan lagi. Silahkan dimasukan proposalnya dan akan dibahas bersama oleh pihak legislatif supaya diplotkan di APBD 2014 mendatang,” paparnya.
Pada kesempatan itu,  Junaidi mengajak seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu harus ikut semua dalam menyukseskan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan berlangsung  tahun depan. “ Semua Kabupaten/Kota kita libatkan dan harus ikut serta. Khusus untuk Kabupaten Mukomuko kita minta  membawa produk unggulan daerah yakni Tortilla yang sudah dikenal dan rasanya yang enak dan bergizi,” tukasnya.
Sementara itu, Bupati Mukomuko, Drs H Ichwan Yunus CPA MM mengucapkan selamat datang kepada  KTNA serta para pejabat se Provinsi Bengkulu. Pelaksanaan Peda Kabupten Mukomuko  sebagai tuan rumah telah dilakukaan  dengan matang. Dari kegiatan ini diharapkan bersama-sama memberikan motivasi supaya kedepannya lebih baik. ” Khususnya Kabupaten Mukomuko  secara berkelanjutan pemerintah daerah terus berusaha semaksimal mungkin menuju masyarakat sejahtera,” kata Ichwan. (900)