Gowes Pesona Nusantara Targetkan 10.000 Peserta

REWA/Bengkulu Ekspress Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Yuhartati SSos=
REWA/Bengkulu Ekspress Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Kota Bengkulu Yuhartati SSos=

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Ribuan masyarakat dan atlet sepeda dari berbagai penjuru Indonesia akan mengikuti funbike di Kota Bengkulu pada 16 Juli 2017 mendatang dalam rangkaian Gowes Pesona Nusantara sebagai rangkaian kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu pun menargetkan sebanyak 10.000 peserta.

Kepala Dispora Kota Bengkulu, Herman SSos melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Yuhartati SSos mengatakan event ini merupakan rangkaian acara Gowes Pesona Nusantara 2017 dimana atlet sepeda dari semua daerah di Indonesia akan ikut ambil bagian.

“Acara funbike ini akan dilaksanakan pada 16 Juli 2017 mendatang di Kota Bengkulu dan diikuti ribuan atlet dari semua daerah di Indonesia, tagetnya 10.000 peserta yang akan mengikuti kegiatan ini,” ujar Tati.

Gowes pesona nusantaraDikatakan Tati, akan ada 16 atlet juara nasional yang nantinya akan hadir dalam event ini. Rute yang ditempuh dimulai dari Sport Center Pantai Panjang, melintasi Bencoolen Mall, kemudian ke arah Masjid At-Taqwa, Simpang Lima, Benteng Malaborough, Pantai Panjang dan berakhir di Sport Center. “Rutenya kurang lebih 10 km, start di Sport Center dan berakhir juga di Sport Center,” tutur Tati.

Lebih lanjut dikatakan Tati, kegiatan ini merupakan program dari Kemenpora yang sudah dimulai sejak tanggal 13 Mei 2017 lalu dari Kota Sabang yang rencananya akan berlanjut terus hingga ke Merauke.

“Ini adalah rangkaian acara dari Kemenpora ke semua kota di Indonesia yang akan diikuti masyarakat dengan pendaftaran yang gratis, ditambah banyak doorprize menarik lainnya,” lanjut Tati.

Tati menambahkan, Gowes Pesona Nusantara ini bisa diikuti oleh siapa saja dan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bagi siapa saja yang ingin mengikuti event mengendarai sepeda terbesar ini dapat mendaftarkan diri ke kantor Dispora Kota Bengkulu mulai tanggal 10-14 Juli 2017. Selain itu, dijelaskan Tati, di Provinsi Bengkulu sendiri tidak semua kabupaten/kota menjadi penyelenggara funbike ini. Hanya ada tiga daerah yang mendapatkan keistimewaan untuk menjadi penyelenggara dan dilintasi oleh para pembalap sepeda ini.

“Hanya ada 3 daerah yang akan menjadi penyelenggara yakni Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong,” ungkap Tati.

Lebih lanjut dikatakan Tati, Pada 15 Juli ribuan masyarakat dan atlet sepeda akan mengikuti ajang ini di Kabupaten Bengkulu Utara, kemudian pada 16 Juli di Kota Bengkulu dan pada 18 Juli di Kabupaten Rejang Lebong.

“Jadi setelah dari Bengkulu Utara, nanti selanjutnya event Gowes Pesona Nusantara ini akan berlanjut ke Kota Bengkulu dan selanjutnya di Rejang Lebong Curup pada 18 Juli mendatang,” lanjut Tati.

Diungkapkan Tati, kegiatan yang menjadi agenda daerah dan diselenggarakan oleh Pemerintah kota Bengkulu ini nantinya juga akan dihadiri oleh para tamu penting dari Kementrian Pariwisata serta Kementrian Pemuda dan Olahraga.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda daerah yang dihadiri oleh banyak tamu penting. Kegiatan ini juga menjadi ajang promosi wisata provinsi Bengkulu,” ungkap Tati.

Terakhir Tati menambahkan, para tamu penting tersebut nantinya akan disambut secara adat, baru kemudian kegiatan penyambutan secara formal yang akan dipusatkan di Sport Center Bengkulu. Pihaknya berharap kegiatan funbike ini nantinya berjalan sukses dengan dukungan penuh oleh berbagai pihak serta oleh masyarakat Bengkulu yang diharapkan dapat membantu memajukan sektor pariwisata Bengkulu.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya promosi wisata, jadi kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk ikut mensukseskan kegiatan ini nantinya,” tukasnya.(999)