Gotong Royong Bersih Pantai, Dispora Harapkan Pantai Bebas Sampah

bersih pantaiBENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu, Senin (09/04/18) menggelar acara bersih Pantai dan lomba tarik tambang. Acara gotong royong bersih pantai yang juga melibatkan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Pasific Partnership.

Letkol Ayu Chandra, Koordinator Planner Enginering Pembangunan Lanal Bengkulu menuturkan, kegiatan bersih pantai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan lingkungan. Terlebih, pada saat bersih pantai, sampah yang banyak ditemukan bukanlah sampai wisata, melainkan sampah rumah tangga, yang menjadi sebuah bukti bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya membuang sampah ditempat yang benar masih sangat rendah.

“Hari ini kita menggelar acara olahraga bersama dan bersih-bersih pantai, masih dalam rangkaian acara Pacific Partnership tapi disini panitianya adalah dari Dispora Kota Bengkulu. Kita berharap ini bisa memberikan kesadaran tentang pentingnya olahraga dan menjaga kebersihan. Kalau tempat wisata bersih, tentu akan menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Selain itu, kita berharap juga ada kenyamanan, seperti saat berkunjung melihat rafflesia kalau kita yang kesana bayarnya murah, tapi saat dari US Navy yang kesana malah langsung diminta Rp 100 ribu per orang, kan ini mengurangi kenyamanan, nah kita harapkan hal-hal seperti ini akan lebih diperhatikan lagi,” ujarnya.

Senada dengan Letkol Ayu Chandra, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kota Bengkulu, Yuhartaty juga menuturkan acara ini bukan hanya bersih pantai, namun selanjutnya akan ada lomba voli pantai dan enggrang.

“Hari ini kita olahraga bersama dan gotong royong bersih pantai, lalu lomba tarik tambang ibu-ibu dan bapak-bapak, sedangkan nanti untuk kegiatan lomba voli pantai dan lomba engrang akan kita laksanakan tanggal 16 dan tanggal 18 April nanti. Kita juga berharap nantinya dengan acara bersih pantai ini, kesadaran akan kebersihan akan meningkat. Dan kedepannya pantai kita bisa bebas sampah,” ujarnya. (ibe/prw)