Golkar Kuasai DPRD Provinsi

Foto : Rohidin Mersyah:

Kinerja Pemprov akan Lebih Cepat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Entri data hasil penghitungan sementara masih terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilihan umum (Pemilu). Untuk perhitungan sementara sampai 92,3 persen calon legislatif (caleg) DPRD Provinsi Bengkulu, Partai Golkar masih berada di posisi unggul.

Untuk Partai Golkar sendiri meraih suara 14,91 persen, disusul oleh PDI-P sebesar 14,55 persen. Kemudian posisi ketiga ada pada Partai Gerindra 10,82 persen dan ke empat ada Partai Nasdem 8,36 persen. Partai Nasdem sendiri mengungguli partai Demokrat 7,83 persen yang mendapatkan posisi wakil ketua (Waka) DPRD Provinsi pada hasil Pileg 2014 lalu. Atas unggul sementara Partai Golkar, maka kader Golkar sendiri berpotensi mendapatkan posisi Ketua DPRD Provinsi, menggantikan dari PDI-P.

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, potensi Ketua DPRD Provinsi memang bisa didapatkan oleh Partai Golkar. Ketika hal tersebut memang terjadi, maka dipastikan sinergitas legislatif dengan eksekutif dalam menjalankan roda pemerintahan akan bisa lebih cepat. “Kader kita tentu akan bisa mensuport, mempercepat dan sinkronisasi pembangunan di Bengkulu,” terang Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/4).

Dijelaskannya, dua elemen pemerintahan eksekutif dan legislatif ini memiliki peran penting untuk memajukan daerah. Karena ketika dua elemen pemerintah ini bersinergi, maka pembangunan akan berjalan cepat. “Sinergitas antara DPRD dan pemerintah daerah itu menjadi hal penting,” tambahnya.

Begitupun dengan posisi caleg di DPR RI, Partai Golkar sementara juga akan mendapatkan satu dari empat kursi perwakilan Provinsi Bengkulu. Partai Golkar masih unggul dengan memperoleh suara 13,89 persen. Menyusul tipis dari PDI-P 13,81 persen. Dilanjutkan dari Partai Gerindra 13,22 persen dan PAN 12,27 persen. “Kita bersyukur Pileg tahun ini, dari Golkar bisa dapat kursi di DPR RI dari Bengkulu. Tapi ini masih sementara,” papar Rohidin.

Meski mendapatkan posisi paling unggul, Rohidin memastikan hal tersebut belum menjadi patokan. Karena hasil final itu ada diperhitungan terakhir yang dilakukan oleh KPU. “Kita tunggu hasil akhir dari KPU,” ujarnya.Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM mengatakan, KPU masih terus melakukan entri data perhitungan sementara hasil pemilu. Bengkulu sendiri, posisi saat ini sudah mendekati 100 persen untuk entri data. Sehingga data yang dientri, bisa diketahui publik untuk hasil sementara. “Memang sudah nyaris 100 persen. Target kita, tidak lama lagi bisa selesai semua,” ujar Irwan.

Kondisi saat ini memang masih terhambat dengan jaringan entri data yang terus sibuk. Sebab, server entri data tersebut digunakan oleh KPU se-Indonesia. “Kalau jaringannya baik, bisa selesai lebih cepat lagi,” paparnya. Hasil semetara itu tentu, menurut Irwan belum bisa menjadi hasil finis, tapi sudah bisa menjadi gambaran. Tinggal lagi nantinya, menunggu hasil pleno semua ditingkat KPU kabupaten/kota, provinsi dan tingkat KPU RI untuk menetapkan hasil pilpres, DPR RI dan DPD RI. “Pleno sekarang masih ada ditingkat kecematan, mudah-mudahan bisa cepat diselesaikan,” tutup Irwan. (151)