Golkar dan PKS Sodorkan Cawabup BS


Dampingi Bupati Gusnan Mulyadi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Partai Golkar dan PKS sudah menentukan nama calon wakil bupati Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Nama kader yang diusung yaitu, Rifai Tajuddin dari Partai Golkar dan Diana Komena dari PKS. Ketua Umum DPW PKS Provinsi Bengkulu, Sujono mengatakan, Diana Komena dinilai tepat untuk diusung. Mengingat Diana Komena sendiri memiliki pengalaman pernah duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu. “Ya sudah ditetapkan satu nama dari PKS,” terang Sujono kepada BE, kemarin (16/9).

Dijelaskannya, meski telah ditetapkan satu nama, namun belum bisa dipastikan bisa duduk sebagai wakil bupati BS, mendampingi Bupati Gusnan Mulyadi. Sebab, dari tiga parpol pengusung yaitu PKS, Golkar dan PPP, harus bisa sepakat untuk menentukan dua nama diusulkan ke Bupati BS. “Pengurus kabupaten sedang membangun komunikasi politik baik sesama Parpol pengusung atau pun sama bupatinya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Syamsu Amanah mengatakan, DPP Partai Golkar telah menetapkan Rifai Tajuddin untuk diusung sebagai calon Wakil Bupati Bengkulu Selatan dari Partai Golkar untuk mendampingi Gusnan Mulyadi. “Ditetapkan berdasarkan surat dari DPP. Surat itu sudah kita turunkan ke DPD Bengkulu Selatan untuk diproses,” terang Samsu.

Menurutnya, saat ini tinggal lagi dari PPP belum menentukan satu nama yang akan diusulkan. Sebab, dua parpol lainnya sudah memiliki keputusan untuk mengusung kadernya. Untuk itu, ketika telah ada tiga nama, pengurus parpol di daerah untuk segara berkomunikasi dami menentukan dua nama yang akan diusulkan ke bupati. “Kalau untuk Golkar sudah clear tinggal satu nama lagi dari partai pengusung lainnya,” tegasnya.

Meski, jabatan wakil bupati ini hanya tinggal lebih kurang 1 tahun lagi, Partai Golkar berkeyakinan jabatan tersebut tetap harus diisi. Ia pun meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan terkhusus Bupati Gusnan Mulyadi dan DPRD Bengkulu Selatan serius untuk menyikapi kekosongan jabatan wakil bupati ini. “Kita minta setelah ada dua nama segara untuk diproses,” ungkap Samsu.

Disisi lain, Sekretaris DPW PPP Provinsi Bengkulu, Ricki Supriadi mengatakan, PPP telah mengusulkan dua nama yaitu Hadiar Saito dan Meliyan Yunir ke pengurus DPP PPP. Namun hingga saat ini, keputusan DPP belum dikeluarkan. “Kita masih menunggu satu nama yang disetujui DPP,” terang Ricky.

Ketika telah diberikan rekomendasi, maka nama-nama tersebut akan dikomunikasi kepada parpol pengusung lainnya. Sehingga bisa dikomunikasikan untuk mengerucutkan dua nama kepada bupati. Setelah itu, baru DPRD BS bisa menentukan satu dari dua nama yang telah diusulkan bupati ke DPRD. “Mudah-mudahaan lah ya secepatnya keluar,” tutupnya. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*