Gol Vendry Mofu Selamatkan Muka Indonesia

KUALA LUMPUR – Bambang Pamungkas dkk ditahan imbang 2-2 di laga perdana Piala AFF 2012, saat bentrok dengan tim yang dianggap lemah, Laos. Dengan hasil imbang ini, Timnas Indonesia memberikan noda pada catatan baik di laga perdana Piala AFF. Dari mulai 1996, 1998, 2000, 2002, 2004, 2007, 2008, dan 2010, Timnas Garuda hanya sekali saja bermain draw di laga perdana, yakni pada 2002 tatkala berhadapan dengan Myanmar. Lainnya, selalu menang.

Beberapa kali, pemain andalan, seperti Bambang Pamungkas, tidak cermat mengontrol bola di lini depan. Tonnie Cussel yang sempat digeser ke depan, menggantikan peran Bambang yang ditarik keluar lantaran tidak banyak menghasilkan peluang, juga tampak gagap. Tercatat dua kali Cussel terjebak off side.

Pelatih Nil Maizar sempat berteriak agar Cussel mampu menempatkan diri hingga mampu memberikan peluang. Sepakan Andik Vermansyah dan Irfan Bachdim juga beberapa kali lemah mengarah gawang Laos. Laga ini sekaligus nyaris membukukan catatan manis bagi Laos.

Timnas Garuda nyaris keok ketika skor masih 2-1 untuk Laos menjelang waktu pamungkas. Untung akhirnya Vendry Mofu mampu menyamakan angka menjelang menit-menit penutupan. Jika tidak, maka Laos untuk pertama kalinya, sejak ikut di Piala AFF (yang dulunya Piala Tiger), mampu meraih kemenangan di laga perdana.

Dengan hasil draw saja, Loas mampu menorehkan prestasi, lantaran baru sekali draw di laga perdana sejak 1996 hingga 2010. Pada 2010, Laos bermain imbang melawan Thailand. Draw yang kedua 2012 ini, saat berhadapan dengan Bambang Pamungkas dkk. Vendry Mofu lah yang menyelamatkan muka Timnas. Pemain andalan pasukan Garuda itu berhasil menyamakan kedudukan 2-2 di menit 90. Gol berawal dari sepakan Andik Vermansyah yang gagal di blok kiper Laos. Bola muntah berhasil disambar Vendry dan menggetarkan jala Laos.

Indonesia yang sudah diambang kekalahan, bisa kembali bersemangat. Serangan demi serangan terus digencarkan di akhir pertandingan. Sebelumnya, pada menit ke 79, pasukan Garuda ketinggalan 2-1. Penyerang Laos bernomor punggung 8, Keovengphet berhasil mengoyak jala Wahyu Tri, lewat sepakan keras terarah ke sudut kiri jalan. Sang finalis AFF 2010, pun harus tertinggal. (sam/boy/jpnn)