Gol Van Persie Selamatkan MU dari Kekalahan

selebrasi james collinsGol yang dilesakkan Robin van Persie di masa injury time ke gawang West Ham United membuat Manchester United terhindar dari kekalahan di putaran ketiga Piala FA.  Gol penyeimbang tersebut memaksa kedua tim akan bertanding kembali, untuk menentukan pemenang yang akan melaju ke putaran selanjutnya.

West Ham memainkan Joe Cole setelah baru saja direkrut dari Liverpool satu hari sebelumnya, sedangkan Kevin Nolan dapat dimainkan lagi usai menjalani sanksi akumulasi kartu.

Di kubu tamu, United memberi Robin van Persie istirahat sehingga lini depan ditempati duet Danny Welbeck dan Javier Hernandez. Chris Smalling dimainkan sebagai bek kanan dan sayap kanan ditempati Rafael da Silva.

West Ham langsung ditekan United melalui pergerakan Welbeck di awal pertandingan, tetapi bola sodorannya terlalu keras untuk dapat dicapai Hernandez. Awal yang bagus bagi United dilanjutkan dengan dua peluang susulan melalui upaya Paul Scholes.

Setelah gol Welbeck dianulir karena Hernandez terperangkap off-side, Tom Cleverley menciptakan keunggulan bagi United pada menit ke-23. Kerja sama Rafael dan Hernandez di sektor sayap diakhiri dengan sodoran ke arah Cleverley di bagian kiri. Tanpa membuang waktu, sang gelandang melepas tendangan menyilang untuk menaklukkan Jussi Jaaskelainen.

Fans United tidak bisa berlama-lama merayakan keunggulan ini karena lima menit berselang James Collins sukses menyamakan kedudukan. Joe Cole beraksi dengan mengelabui Scholes dan melepaskan umpan silang yang diteruskan Collins dengan sundulan kepala tanpa perlawanan.

Gol Collins membangkitkan kepercayaan diri West Ham. Beberapa kali mereka memanfaatkan keunggulan fisik untuk melancarkan tekanan terhadap pertahanan United. Sekali menyerang balik, United memetik peluang berbahaya. Beruntung Jaaskelainen sigap menyelamatkan tembakan Hernandez. Hingga akhir babak pertama, kedudukan imbang 1-1.

Selepas turun minum, tempo permainan kedua masih berjalan lambat. MU mencoba mengambil alih permainan dengan lebih banyak melakukan penguasaan bola di lapangan tengah lewat aksi Shinji Kagawa, Cleverley dan Scholes.

Namun, pendukung tim tamu terdiam setelah West Ham mampu berbalik unggul melalui torehan kedua Collins pada menit ke-59. Lagi-lagi Cole berkontribusi besar dalam gol ini setelah kembali mencetak assist lewat umpan silang yang kemudian dilanjutkan dengan sundulan kepala Collins yang berujung gol.

Setelah gol itu, pelatih MU, Sir Alex Ferguson pun mengubah pola permainan. Robin van Persie dan Antonio Valencia dimasukkan untuk menambah daya gedor lini depan. Meski demikian, barisan belakang tim tuan rumah tampil disiplin, sehingga membuat Van Persie dan kawan-kawan frustasi.

West Ham bahkan kembali mendapatkan peluang emas lewat Carlton Cole pada menit ke-88. Sayang, kesempatan itu gagal dimaksimalkan karena De Gea dengan sigap menahan tendangan pemain berusia 29 tahun tersebut.

Pada menit ke-90+1, MU akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah Van Persie berhasil mengoyak jala gawang Jaaskelainen. Menerima umpan panjang Ryan Giggs, bomber asal Belanda itu melepaskan tendangan akurat ke pojok kanan gawang West Ham.  Kedua tim akan melaksanakan pertandingan ulang setelah skor 2-2 bertahan hingga laga usai. (**)

Susunan Pemain:
West Ham:
22-Jussi Jaaskelainen, 5-James Tomkins, 19-James Collins, 20-Guy Demel, 33-Daniel Potts, 4-Kevin Nolan, 10-Jack Collison, 23-Alou Diarra (16-Mark Noble 73), 26-Joe Cole (14-Matthew Taylor 78), 9-Carlton Cole, 12-Ricardo Vaz Te (7-Matthew Jarvis 61).

Man Utd: 1-David De Gea, 2-Rafael, 6-Jonathan Evans, 12-Chris Smalling (11-Ryan Giggs 78), 15-Nemanja Vidic, 28-Alexander Buttner, 22-Paul Scholes (7-Antonio Valencia 68), 23-Tom Cleverley, 26-Shinji Kagawa, 14-Javier Hernández (20-Robin van Persie 68), 19-Danny Welbeck.

Wasit: Martin Atkinson.