Gol Bunuh Diri Kucher, Menangkan Juve, Bunuh Chelsea

Gol tunggal Juventus yang lahir melalui bunuh diri bek lawan Oleksandr Kucher, pada awal babak kedua benar-benar menjadi penentu.  Juventus menundukkan tuan rumah Shaktar Donetsk 1-0 pada matchday terakhir fase grup, Kamis (6/12) dinihari WIB.

Gol bunuh diri tersebut membuat Juventus resmi melaju ke babak 16 besar Liga Champions sebagai pemuncak Grup E dengan 12 poin. Shaktar Donetsk yang sudah memastikan tiket ke-16 besar harus rela menjadi runner up dengan perolehan poin 9.

Sementara seteru Juventus, Chelsea dipastikan ”terbunuh” oleh gol bunuh diri.  Pasalnya kendati menang 6-1 atas Nordsjaelland, Chelsea tetap tidak lolos ke babak 16 besar Liga Champion. Dengan hasil itu, sang juara bertahan harus puas berada di peringkat tiga dengan poin 10, kalahhead to head dengan Shaktar di posisi dua dengan poin sama. Ini benar-benar awal yang suram bagi pelatih baru Chelsea, Rafael Benitez.

Setelah awal laga yang sempat berjalan datar, Juve membuka peluang pertama untuk memecah kebuntuan melalui Mirko Vucinic, namun tembakan voli striker Serbia itu menyambut umpan Sebastian Giovinco melayang di udara.

Kedua attacante itu kembali berkolaborasi untuk mengancam pertahanan tuan rumah, kali ini ganti Vucinic bertindak sebagai kreator, sayang hasilnya masih nihil. Operannya kepada Giovinco berakhir dengan tendangan yang sedikit melebar dari La Formica Atomica.

Si Nyonya Tua menebar bahaya lagi menjelang half-time. Umpan silang Stephan Lichtsteiner mampu dihalau oleh Darijo Srna, tapi bola bergulir ke kaki Giovinco, yang lantas melepas tembakan kencang dari jarak sekitar 30 meter. Beruntung buat Shakhtar, walau dengan sedikit kesulitan, upaya Giovinco bisa ditangkap kiper Andriy Pyatov.

Selepas interval, tempo laga kian meningkat dan kedua tim saling mengumbar serangan. Sebuah umpan berbahaya dari tendangan bebas ditinju oleh Gianluigi Buffon, tapi bola dikirim kembali ke pertahanan Juve untuk disambut Alex Texiera, tapi kans tersebut melambung di atas mistar.

Tak lama berselang, Juve dan Shakhtar saling berbalas ancaman. Setelah tendangan Andrea Pirlo menerpa tiang, ganti kubu tuan rumah mendapat peluang emas lewat Henrik Mkhitaryan, namun tembakan nama terakhir ini gagal menemui sasaran kendati berada dalam posisi cukup leluasa.

Kebuntuan pada akhirnya terpecahkan di menit ke-56. Crossing mendatar nan deras dilepaskan Lichtsteiner ke kotak penalti Shakhtar. Kucher berduel dengan Giovinco untuk menghalau bola. Malang, usahanya malah membuat si kulit bulat masuk ke dalam gawang sendiri.

Shakhtar nyaris menyamakan angka memasuki menit ke-20, namun umpan silang Razvan Rat yang terdefleksi menyusul kemelut di kotak penalti hanya mencium tiang gawang sebelum keluar lapangan. Juve sendiri punya sejumlah kans untuk menggandakan keunggulan melalui serangan balik, tapi aksi Vucinic dan Paul Pogba seluruhnya gagal berbuah gol.

Keunggulan 1-0 untuk Juventus akhirnya terus bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai.(**)

Susunan Pemain:

Shakhtar (4-2-3-1): Pyatov; Srna, Kucher, Rakitskiy, Rat; Fernandinho, Stepanenko; Alex Teixeira, Mkhitaryan, Willian; Eduardo

Juventus (3-5-2): 
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah; Vucinic, Giovinco