Gol Bambang Pamungkas Selamatkan Muka Timnas

Timnas Indonesia patut berterimakasih kepada Bambang Pamungkas.Striker berjuluk ‘BP20’ itu menyelamatkan sayap Garuda yang nyaris diremas Timor Leste.

Ya, Indonesia menang tipis dari Timor Leste dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (14/11) malam WIB. Satu-satunya gol dalam laga tersebut diukir Bambang pada menit ke-66.

Penampilan Indonesia memang tidak ‘bagus-bagus amat’, tapi tidak bagi Bepe, panggilan akrab Bambang. Tampil sejak menit awal, striker yang awalnya ingin menjadi guru tersebut tampil garang. Bepe berkali-kali dikawal ketat, dan tak jarang pemain Timor Leste terpaksa menjegal Bepe untuk menghentikan aksinya.

Namun, Timor Leste akhirnya tak mampu membendung keperkasaan penyerang 32 tahun itu. Lewat umpan terukur striker naturalisasi, Johnny van Beukering, Bepe sukses merobek jala tim berjuluk ‘the Rising Sun’ tersebut.

Meski menang, tak sedikit pihak yang menilai laga tersebut seperti pertandingan antar kampung alias tarkam. Pasalnya, permainan Timnas Indonesia belum maksimal, dan prajurit Nil Maizar tersebut masih sering melakukan kesalahan.

Namun, Indonesia memiliki satu laga terakhir sebelum terbang ke Malaysia guna melakoni Piala AFF 2012. Dan laga itu bakal menjadi laga pamungkas bagi Bambang dkk, untuk membuktikan Tim Garuda laik bersaing memperebutkan tropi di Malaysia.(**)