Gol Andik, Bawa Timnas Indonesia Pimpin Klasemen

Gol Andik Vermansyah di menit ke-87 benar-benar spektakuler.  Gol tersebut setara dengan gol pemain bintang Brazil Ronaldinho ke gawang Seamen kiper Timnas Inggris, 10 tahun yang lalu. Melihat posisi kiper Singapura yang maju ke depan.  Andik melakukan tendangan bebas dengan melambungkan bola dan tidak dapat dijangkau oleh kiper Singapura dan gol.  Gol tersebut menjadi gol kemenangan bagi Indonesia. Gol itu pula yang kemudian membawa Timnas Indonesia sebagai Pimpinan sementara klasemen Grup B dengan point 4.

Laga Timnas Indonesia versus Singapura  di laga kedua babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012. Bermain diStadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Garuda sukses mencabik-cabik Singapura dengan skorer 1-0.  Kemanangan itu juga membuat satu kaki Indonesia melangkah ke semifinal. Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang lawan Malaysia di  laga terakhir untuk lolos ke babak empat besar.

Timnas yang turun dengan kostum andalan Merah-Putih Merah selama babak pertama terus mendapatkan dukungan penuh dari suporter. Kondisi ini membuat semangat Elie Aiboy dkk lebih bersemangat. Terbukti anak asuh Nil Maizar ini langsung bisa menusuk kepertahanan Singapura.

Terus mendapatkan tekanan, Singapura juga tidak tinggal diam. Serangan demi serangan terus dilakukan. Bahkan tendangan bola mati Shahdan Sulaiman menit 24 nyaris menjebol gawang Wahyu Tri, Beruntung penjaga gawang klub Persiba Bantul itu mampu menepisnya.

Setelah hujan mulai reda dominasi Indonesia mulai mengedur. Anak asuh Radojko Avramovic lebih leluasa menguasai lapangan tengah sehingga mempermudah suplai bola kel ini depan terutama ke Shahril Ishak.

Belum mampu menciptakan gol, dukungan dari suporter Indonesia terus ditingkatkan. Memasuki menit 40 anak asuh Nil Maizar ini mencoba menusuk dari sisi kiri. Tusukan kearah gawangpun  melalui Novan Setya. Hanya saja tendangan jarak jauhnya mampu diblok oleh kiper Singapura. Kondisi 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Nil Maizar menarik Elie Aiboy dan digantikan dengan Andik Vermansyah. Masuknya darah muda ini membuat semangat Timnas Garuda kembali meningkat. Terbukti Timnas  mampu  menekan Singapura.

Pada menit 54 Oktovianus Maniani mampu mengarahkan bola ke gawang Mohammad Izwan. Hanya saja pemain asal Papua itu terlebih dahulu terjebak offside.

Permainan sempat memanas. Hal ini ditandai dengan dikeluarkannya dua kartu kuning oleh wasit Ali Hasan Ebrahim kepada pemain Singapura yaitu Baihakki Khaizan dan Muhammad Irwan Shah setelah melanggar pemain Indonesia.

Permainan keras kembali dilakukan pemaing Singapura Muhammad Irwan Shah. Pelanggaran terhadap Andik Vermansyah ini membuat dirinya mendapatkan kartu kuning kedua (kartu merah) dan selanjutnya harus meninggalkan lapangan.

Unggul jumlah pemain membuat Timnas Garuda bersemangat. Tusukan demi tusukan terus dilakukan. Hasilnya  timnas nyaris menjebol gawang Singapura menit 69 lewat Bambang Pamungkas. Hanya saja sontekan pemain dengan nomor punggung 20 masih bisa dihalau kiper Singapura.

Terus menekan membuat lini pertahanan Timnas Garuda melemah. Kondisi ini dimanfaatkan oleh Mustafic Fahrudin dan kawan-kawan  balas menyerang. Terbukti Wahyu Tri Nugroho harus jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Peluang bagi Singapura terjadi pada menit 80. Sundulan Aleksandar Duric nyaris mambawa Singapura unggul. Hanya saja sundulan terarahnya hanya membentur mistar gawang Timnas Garuda.

Timnas kemudian bangkit dan berbalik menekan. Berawal dari tendangan bola mati, Andik Vermansyah melepaskan tendangan lambung yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang Singapura Mohammad Izwan.  Sang kiper sebelumnya terlalu maju sehingg tendangan Andik di menit 87, tidak mampu ia antisipasi.

Unggul 1-0 membuat permainan Timnas Garuda lebih tenang. Timnas bahkan terus menguasai bola hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit Ali Hasan Ebrahim.(**)

Susunan Pemain

Indonesia: Wahyu Tri Nugroho (pg), Raphael Maitimo, Fachruddin, Wahyu Wijiasnanto/kk, Novan Setya, Elie Aiboy (k)/Andik Vermansyah, Taufiq, Vendry Mofu, Oktovianus Maniani/kk/Rasyid, Irfan Bachdim dan M. Rahmat/Bambang Pamungkas.

Singapura: Muhammad Izwan Mahbud (pg), Baihakki Khaizan/kk, Shi Jiayi, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun/kk/Aleksandar Duric, Mustafic Fahrudin, Daniel Bennett, Mohammad Shahril Ishak (k), Mohammad Khairul Amri Kamal, Muhammad Irwan Shah/kk/km dan Muhammad Safuan Baharudin.