Giliran Rumah Warga Ludes Terbakar

KEBAKARAN Warga  saat membersihkan puing-puing bangunan kemarin (1410)SEMIDANG GUMAY, BE – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Kaur. Jika sebelumnya yang terbakar merupakan gudang milik PT INdomarco, maka Senin (13/10) malam, rumah milik pasangan Burman (45) dan Arsi (35), di Desa Karang Dapo, Semidang Gumay, ludes dilalap si jago merah.
Dalam kebakaran yang diduga akibat hubungan arus pendek listrik itu, korban mengalami kerugian materi ditaksir mencapai Rp 50 juta. “Saat kejadian itu harta benda di dalam rumah korban tidak ada yang bisa diselamatkan, terkecuali satu unit motor Yamaha Jupiter itulah,” kata Rahimawati, Kepala Desa  Karang Dapo, kemarin.
Informasi yang berhasil dihimpun BE, peristiwa kebakaran yang menggemparkan warga setempat itu sekitar pukul 22.30 WIB dan diketahui oleh pemilik rumah. Saat kejadian, istri korban Arsi bersama anaknya  Evra (12) sedang tidur. Korban  terbangun karena mendengar suara pletok-pletok dan merasakan hawa panas dari kamar tengah. “Saat terbangun, saya kaget melihat atap rumah kobaran api sudah membesar,” tutur Arsi, kemarin.
Sontak korban berteriak sembari lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Tetangga korban yang mendengar teriakan itu kemudian berduyun-duyun untuk menolong korban. Karena kobaran api tetap membesar, akhirnya seluruh rumah yang berukuran 6×9 luluh lantak. “Waktu kejadian itu saya sama anak saya, sedangkan suami sedang kelaur main sama teman-temannya,” ujarnya.
Akibat kejadian itu, seluruh perabotan rumah tangga, termasuk surat-surat penting seperti sertifikat tanah, KTP, TV dan lainnya  pun berubah menjadi abu hitam. Bahkan seluruh atap dan jendela rumah semi permanen juga ludes tak tersisa.
Camat  Semidang Gumay  Alfian SH MM menduga kebakaran itu karena arus pendek listrik dari kamar tengah rumah korban. “Dugaan sementara penyebab kebakaran ini akibat arus pendek dari kamar tengah rumah korban. Musibah ini sudah kita laporkan ke dinas terkait. Nanti korban ini akan mendapatkan bantuan,” ujar Alfian, kemarin.
Sementara itu, Kapolres Kaur, AKBP Dirmanto SH SIK melalui Kapolsek Kaur  Tengah, Iptu Syafrizal mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran tersebut diduga akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik.
“Dugaan sementara dari arus pendek penyebabnya, alhamdulillah tidak ada korban jiwa  dalam peristiwa ini,” ujar Kapolsek.(618)