Giliran Bundra Janji Pindahkan Pasar

TAIS, BE – Jika sebelum ini, H Murman Effendi SE SH MH ketika masih aktif menjabat Bupati Seluma terhitung sudah lebih dari 4 kali berjanji akan memindahkan Pasar Minggu Tais dari Kelurahan Pasar Tais ke lokasi baru di Kelurahan Sembayat, tapi tak kunjung terealisasi. Kini, giliran Plt Bupati H Bundra Jaya SH MH melontarkan janji pertama akan memindahkan pasar.

”Sekarang lokasi Pasar Sembayat masih sedang ada kegiatan proyek penambahan fasilitas. Desember nanti proyeknya sudah harus selesai, sehingga ketika pekerjaan proyeknya selesai, pasarnya langsung kita pindahkan ke situ,” kata Bundra Jaya.

Menurut Bundra Jaya, pembangunan Pasar Sembayat yang berlokasi di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur itu memang saat ini belum selesai dibangun. Tapi, sejak beberapa waktu lalu, lokasi pasar dengan lahan yang luas hingga 4 hektar itu sudha mulai diaktifkan seminggu sekali, setiap hari rabu. ”Kita mebangun pasar dengan cara bertahap. Nanti kalau sudah selesai pembangunannya bulan Desember, kita langsung pindahkan pasar. Kemudian kita dorong agar pasar Sembayat menjadi pasar harian,” kata Bundra Jaya.

Kondisi Pasar Minggu yang merupakan pasar mingguan yang buka setiap hari minggu di Kelurahan Pasar Tais sudah tak layak lagi menjadi sebuah pasar. Pasalnya, fasilitas pasar kalangan peninggalan Pemkab Bengkulu Selatan itu sudah tak mampu menampung pedagang dan pembeli untuk bertransaksi. Akibatnya, halaman masjid raya yang berada tepat di sebelah pasar tersebut setiap hari minggu berubah bak disulap menjadi pasar. Akibatnya, rumah ibadah yang dibangun megah dengan dana APBD miliaran rupiah itu menjadi kotor. (444)