Gerindra Usung Kader Maju Pilgub

Suharto

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Modal 6 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, Partai Gerindra berencana tetap akan mengusung kadernya dalam menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2020 mendatang. Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu, H. Suharto SE Mba mengatakan, kader Partai Gerindra banyak yang berpotensi untuk maju.

“Potensi kader kita sangat banyak, baik untuk nomor satu maupun nomor dua,” terang Suharto kepada BE, kemarin (18/8).

Dijelaskannya, kader-kader yang berpotensi maju itu seperti Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu Susi Marleny Bachsin dan termasuk dirinya. Namun demikian, hal tersebut tentunya menjadi keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPD) Partai Gerindra, nama mana yang akan diusung.  “Lihat nanti kondisi di DPP seperti apa. Kalau memang disuruh maju kita siap, suruh juga di DPRD kita juga siap,” tambahnya.

Menurut Suharto, selain dari kader parpol, Partai Gerindra tidak menutup kemungkinan untuk mengusung dari luar kader untuk maju Pilgub. Hal tersebut tentunya dipertimbangkan dari kondisi politik yang ada.  “Tetap kita buka dari luar,” ungkap Suharto.

Menurut Suharto, 6 kursi di DPRD yang telah dimiliki oleh Partai Gerindra hanya tinggai membutuhkan 3 kursi lagi untuk berkoalisi dengan parpol lainnya. (Kita ini (Gerindra), buah yang tinggal petik. Kalau sudah bergabung dengan Gerindra, harapan memang itu sangat tinggi, karena kekompakan para kader,” ujar Suharto.

Meski demikian, mekanismen parpol tetap akan dilakukan. Partai Gerindra tetap akan membukan penjaringan untuk calon kepala daerah. Sehingga nantinya bisa dinilai, siapa yang pantas untuk diusung dari parpol besutan Prabowo Subianto tersebut.  “Tetap kalau penjaringan itu. Nanti kita serahkan dengan bidangnya, biar dilihat secara keseluruhaan,” tuturnya.

Berbeda dengan Partai Kebangkinan Bangsa (PKB), parpol yang mendapatkan 4 kursi di DPRD Provinsi itu, dipastikan akan ikut meramaikan pilgub 2020. PKB saat ini masih mencari parpol yang tepat untuk berkoalisi untuk di Pilgub.

“PKB tetap harus berkoalisi, karena kita cuma 4 kursi untuk mencukupi 9 kursi,” terang Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo Sag.

Untuk maju Pilgub sendiri tentu lanjut Herliardo, PKB masih banyak memiliki kader yang berpotensial. Namun demikian, hal tersebut tentunya melihat kesiapan daera kader parpol. “Kader kita banyak, tentu siap jika diminta untuk maju,” ujarnya.

Termasuk nantinya jika Rohidin Mersyah, meminta PKB untuk berkoalisi juga tetap siap. Hanya saja, sampai sejauh ini komunikasi untuk berkoalisi belum pernah dilakukan oleh petahana tersebut. “Belum ada komunikasi apapun. Kalau diminta tetap kita siap,” tutur Harliardo.

Namun tetap, menurut Herliardo, parpolnya tetap akan membuka penjaringan nantinya. Sehingga bisa menilai siapa yang tepat untuk diusung.  “Makanismen parpol itu tetap kita pakai. Jadi nanti kita buka penjaringan dulu,” tutupnya. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*