Gerardo Martino jadi Pelatih Baru Barca

BARCELONA – Teka-teki pengganti posisi Tito Vilanova di kursi pelatih Barcelona akhirnya terjawab. Situs Marca melansir, Barcelona menujuk Gerardo Martino untuk menukangi tim asal Catalan itu untuk tiga musim ke depan.
Martino didatangkan Barca -sebutan Barcelona- dari Newell’s Old Boys. Nantinya, pelatih yang karib disapa Tata itu akan ditemani dua asisten pelatih yang selama ini selalu menemaninya. Yakni Elvio Paolorroso dan Jorge Pautasso. Namun, Martino tidak akan menemani Barcelona saat tampil di Audi Cup besok.

Martino memang sudah menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan Vilanova. Barcelona begitu tertarik dengan gaya melatih pria berusia 50 tahun tersebut. Apalagi, Martino juga termasuk pelatih sarat prestasi. Di antaranya ialah ketika menyabet gelar pelatih terbaik Amerika Selatan 2007.

Kedatangan Martino juga mendapat dukungan dari megabintang Barcelona, Lionel Messi. Pemain berjuluk Si Kutu itu terang-terangan mengaku kagum dengan gaya melatih Martino.

“Saya sangat senang dengan Martino. Dia adalah pelatih yang sangat hebat dan dia menunjukkannya dalam Clausura. Dia selalu bisa membuat timnya bermain baik. Kami semua sangat menghormatinya,” terang Messi seperti dilansir Guardian, Senin (22/7).

Kehadiran Martino menyingkirkan beberapa nama yang sebelumnya sempat dikabarkan akan menukangi Barcelona. Di antaranya ialah Luis Enrique serta Ronald Koeman. Selain itu, Guus Hidding juga sempat masuk bursa.(jos/jpnn)