Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Pendidikan
Endang/Bengkulu Ekspress
LAUNCHING: Penandatangan MoU antara Dikbud Kota dengan Seniman, dan Sekolah terpilih, disaksikan Sekda dan seluruh undangan yang hadir.

Munculkan Seniman Muda

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) kembali digelar di Kota Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah mulai tingkat SD dan SMP.



Tahun 2018 ini, GSMS di kota Bengkulu diikuti 20 sekolah tingkat pendidikan dasar. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pelaksanaan GSMS diawali dengan dilaunching GSMS di Hotel Rafless City dan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon M.Pd dilanjutkan dengan prosesi penandatangan MoU (memorandum Of Understanding) dengan sekolah serta seniman terpilih.

Sekda Kota Bengkulu, Marjon M.Pd sangat mengapresiasi gerakan seniman masuk sekolah. Diharapkan dapat memberikan manfaat kepada sekolah dengan baik. Sehingga melalui gerakan tersebut bisa menemukan seniman berbakat di Bengkulu.

Sekolah diharapkan bisa melihat bakat minat siswa dibidang kesenian, ia tak segan-segan memberikan apresiasi berupa reward bagi para siswa yang telah mengharumkan nama daerah. “Saya yakin akan muncul seniman-seniman muda yang berbakat, dan begitu siswa lomba maka bisa menang, dan patut diberikan reward, ” ujarnya.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM saat dikonfirmasi menuturkan gerakan ini merupakan kegiatan yang menghadirnni selama beberapa pertemuan untuk melatih siswa di sekolah dibidang seni dan budaya. GSMS ini bertujuan untuk membantu memfasilitasi keterbatasan sekolah dalam menghadirkan guru seni kebudayaan dan memperkuat karakter pelajar dengan cara pembelajaran Seni di Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ini adalah tahun kedua digelar di Bengkulu. Dengan pembelajaran seni yang diajarkan antara lain seni rupa, seni sastra, teater, tari dan lainnya, ” katanya.

Penunjukan seniman langsung melalui seleksi pendaftaran seniman secara online melalui laman gsms.kemdikbud.go.id sejak 28 Mei hingga juni 2018. Di Kota Bengkulu ada 26 seniman, mereka akan mengajar di 16 SD dan 20 SLTP. Seniman tersebut adalah mereka yang telah lolos seleksi dari Kemdikbud dan akan mengajar ke sekolah. “Semua hasil yang dilakukan seniman di sekolah akan ditampilkan dan dievaluasi,” pungkasnya. (247)