Gerak Cepat Sang Caretaker

BENGKULU, BE – Sehari setelah dilantik sebagai Caretaker Walikota Bengkulu Drs H Sumardi MM langsung melakukan gerak cepat, kemarin. Sumardi bersama team terpadu penanganan banjir langsung meninjau sejumlah titik korban banjir. Titik yang pertama dikunjungi adalah Kelurahan Rawa Makmur tepatnya di Gang Hidayah. Didaerah ini, banjir dengan ketinggian 30 cm masih menggenangi sejumlah rumah warga.

“Hari ini kami melakukan peninjauan kesejumlah titik banjir yang menggenangi jalan-jalan negara maupun provinsi. Dari peninjauan kami kali ini, kami berkesimpulan penyebab utama banjir karena tersumbatnya sistem drainase. Sementara ini, kami meminta dinas-dinas terkait untuk melakukan pengerukan terhadap semua drainase yang tersumbat,” ujarnya saat diwawancarai.

Sumardi juga menginstruksikan bawahannya untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan warga. Diantaranya dapur umum, tenda, beras dan sejumlah kebutuhan lainnya. Sumardi juga meminta warga untuk lebih memperhatikan kebersihan drainase agar lalu lintas air tidak terhambat. “Saya sudah menginstruksikan kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk menyiapkan kebutuhan warga yang mendesak. Saya juga meminta warga agar selalu menjaga kebersihan dan memeriksa kondisi drainase dalam kondisi baik. Kedepan kami akan melakukan penanganan secara lebih terencana,” katanya.

Sebelum itu, warga telah berinsiatif untuk memperluas saluran air yang berada di badan jalan Kalimantan. Pekerjaan tersebut dimulai pada pagi hingga siang hari. Sesaat setelah saluran air tersebut selesai dibuat, air pun meluncur deras menuju sungai. “Kami buat saluran ini karena banjir memang berasal dari kecilnya saluran untuk dialiri air yang menggenangi rumah-rumah warga. Dengan pelebaran yang dilakukan, banjir saat ini mulai surut,” ucap Ketua RT 8, Burhan. (cw1)