Geothermal Bukit Hitam Dikembangkan Bertahap

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Energi panas bumi atau energi geothermal Bukit Hitam Kabupaten Kepahiang akan dikembangkan secara bertahap. Dua titik energi panas bumi atau energi geothermal yang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik. Dari dua titik tersebut bisa menghasilkan listrik berkekuatan 600 Mwe. Salah satunya terdapat di air Panas Suban.



“Saya sudah sampaikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), bahwa kita memiliki Geothermal dan bisa menghasilkan listrik sebanyak 600 Mwe,” ujar Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM.

Bupati mengatakan, untuk menjadikan Kepahiang terang-benderang, pihaknya hanya memerlukan 6 Mwe.  Selebihnya bisa disalurkan ke daerah-daerah lain. “Kami hanya butuh 6 Mwe, ini ada 160 Mwe, bisa disampaikan ke Bangka Belitung,” tuturnya.

Tetapi, Kepahiang belum memilik modal untuk mengelolah itu. Sehingga proyek ini akan dikerjakan bersama pemerintah pusat. “Karena ini skala besar, kita akan kerja sama dengan pemerintah pusat,” tutup Bupati. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*