Genjot Vaksinasi, Walikota Minta Dinkes Upayakan ‘Jemput Bola’

FOTO IST/ Walikota Bengkulu, Helmi Hasan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta pihak Dinas Kesehatan untuk mengimbau seluruh puskesmas agar meningkatkan vaksinasi di Kota Bengkulu. Bahkan walikota meminta vaksinasi dilakukan dengan cara jemput bola melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Bengkulu.

Hal tersebut dinilai perlu dilakukan sebagai langkah cepat menggencarkan sosialisasi penanganan Covid-19 dan peningkatan vaksinasi di seluruh puskesmas di Kota Bengkulu. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkat tren angka Covid-19 di Kota Bengkulu yang semakin naik dalam beberapa minggu ini.

“Vaksinasi perlu ditingkatkan, lakukan sosialisasi-sosialisasi di puskesmas agar animo masyarakat untuk vaksin lebih banyak. Seperti halnya serbuan vaksin TNI-Polri kemarin, itu lumayan efektif banyak masyarakat yang bersedia divaksin,” jelas Helmi, Rabu (30/06).

Namun keadaan saat ini, meski animo masyarakat dalam menyukseskan dan mengikuti vaksin tersandung dengan kendala stok dosis vaksin yang terbatas. Tak ada jalan lain selain menunggu pasokan dosis vaksin dikirim kembali dari pusat.

“Sudah ada laporan dari Dinkes bahwa stok dosis vaksin terbatas. Kita masih menunggu drop dosis vaksin tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Azlan Sumardi mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan vaksinasi jemput bola. Namun untuk mencukupi sisa vaksin yang tersedia, pihaknya akan memprioritaskan warga berusia 18 tahun keatas untuk lebih dulu divaksin hingga pasokan vaksin sampai.

“Dinkes dan puskesmas akan terus berupaya untuk melakukan vaksinasi secara jemput bola. Tetapi untuk saat ini kita prioritaskan untuk warga usia 18 tahun ke atas, dikarenakan stok dosis vaksin di Kota Bengkulu terbatas,” kata Azlan. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*