Generasi Beriman, Bertaqwa dan Berbudaya

SEKOLAH Dasar Negeri (SDN) 6 Kota Bemgkulu ini beralamatkan di Jalan Pratu Aidit Kelurahan Kampung Bali Kec. Teluk Segera Kota Bengkulu.  Sekolah ini tak hanya membekali siswanya dengan pendidikan akademik saja, namun juga dengan budi pekerti.  Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan siswanya menghadapi kemajuan globalisasi.  Sekolah yang dipimpin Elina, SPd ini, berkeinginan melahirkan generasi beriman dan berbudi pekerti.

“Anak-anak sudah kita bekali dengan ilmu pengetahuan melalui proses belajar mengajar dan juga dibekali dengan dasar-dasar kedisiplinan yang telah diterapkan di sekolah.  Anak-anak dididik sejak dini harus dibekali dengan dasar-dasar keagamaan seperti baca tulis Al Qur’an,” jelas Kepala SDN 6 Kota Bengkulu, Elina SPd.

Ditambahkan, seluruh siswa harus memiliki budi pekerti serta tata krama santun di dalam lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.  Siswa ini harus diberikan pemahaman secara terus menerus, mengingat perkembangan zaman kini semakin canggih, sehingga dikhawatirkan mengganggu perkembangan siswa.

Oleh karena itu setiap hari Jumat, sekolah ini selalu memberikan pendidikan yang bernuansa Islam.  Kegiatan ini diyakini membuat siswa menjadi lebih bermoral, berbudi pekerti, bermartabat dan cerdas sesuai dengan visi dan misi SDN 6.  Kegiatan ini juga melibatkan guru dalam membimbing siswa, oleh karena itu guru wajib mentaati atau mematuhi semua peraturan yang berlaku. Karena peran guru sangat penting yaitu sebagai ujung tombak bagi dunia pendidikan.

Elina, SPd yang diberi amanah untuk mempimpin sekolah ini, sejak 2 tahun terakhir selalu memberi motivasi semangat sangat tinggi kepada semua siswanya.  Untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas sekolah.  Namun hal ini tidak dapat diraih secara instan.

Karena tidak dapat kita pungkiri hambatan dan kendala di sekolah masih banyak.  Namun disiplin yang tinggi, dedikasi yang tinggi dan kepedulian terhadap anak didik dan lingkungan sekolah serta kerjasama orang tua, insya Allah SDN 6 Bengkulu akan sama dengan sekola lainnya.
Untuk menjawab tantangan zaman, kepala sekolah berharap agar seluruh program sekolahnya ini dapat menjadi bekal seluruh siswanya, serta menjadikan Kota Bengkulu ini maju disertai oleh iman dan taqwa yang kuat. (**)

Visi

Beriman dan Taqwa, Berprestasi, Berpijak pada Budaya Bangsa

Misi

1. Melaksanakan pengembangan KTSP meliputi perangkat (Silabus) RPP, Penilaian.
2. Melaksanakan Proses Belajar mengajar Yang efektif dan efisien.
3. Mempersiapkan lulusan SD 6 yang kompeten dan dapat diterima di SMP negeri.
4. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
5 Melaksanakan pengembangan pengelolaan sekolah yamg meliputi sumber daya manusia, pembelajaran, sarana dam prasarana, kesiswaan, kurikulum, administrasi pembiayaan, pemasaran sesuai menajemen berbasis sekolah.
6. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler (pramuka, olahraga dan kesenian daerah).
7. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan mencakup aspek teknis dan teknologi.
8. Menggunakan dana BOS secara efektif dan efisien.