Gencarkan Pelatihan Keterampilan

Foto : IST

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kepahiang terus menekan angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja. Yaitu dengan menggalakkan pelatihan untuk pencari kerja, meningkatkan kualitas dan kapasitas pencari kerja. Menurut Kepala Dispernaker Kepahiang, Yurnalis, setiap kegiatan pelatihan keterampilan diharapkan menjadi modal sekaligus nilai tambah bagi para pencari kerja.

“Untuk mendapatkan pekerjaan tentu harus punya keterampilan, misalnya keterampilan menjahit, membatik dan lain sebagainya,” terang Yurnalis.

Dijelaskannya, selain para pencari kerja, kegiatan pelatihan ketrampilan ini juga untuk peneningkatkan sumber daya manusia yang handal di bidang produk lokal. “Kita berharap dengan adanya pelatihan keterampilan, mudah-mudahan kualitas SDM kita meningkat. Demikian juga dengan kualitas hasil produknya, sehingga bisa menarik daya beli,” ujarnya.

Diakuinya, di wilayah Kabupaten Kepahiang ini banyak pelaku-pelaku usaha yang belum mendapat support dari pemerintah. Padahal, mereka sudah punya modal dalam membuat suatu produk lokal. “Kita akan terus berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mengatasi apa yang menjadi kendala para pelaku usaha ini. Jangan sampai mereka sudah memiliki usaha, tetapi tidak mendapatkan support dari pemerintah,” jelasnya. (320)