Gencarkan Layanan Jemput Bola

IRUL/Bengkulu EkspressRAKOR: Kepala Puskesmas Bintuhan dan Camat KS saat menggelar rapat lintas sektor dan lintas program di aula Puskemas Bintuhan, Rabu (19/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Bintuhan saat ini berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan keselamatan pasien. Salah satunya layanan jemput bola terhadap ibu hamil dan Balita.

“Di sini kita mengenalkan inovasi baru, yakni tanggap cepat (Tancep) dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Salah satunya melakukan program jemput bola pemeriksaan kesehatan terhadap ibu hamil yang ingin melahirkan,” kata Kepala Puskesmas Bintuhan, Mili Harlita SKM dalam rapat lintas sektor dan lintas program di aula Puskemas Bintuhan, Rabu (19/6).

Dikatakannya, program tersebut juga melibatkan para bidan, Kades maupun kader kesehatan yang ada di desa-desa. Dimana dengan adanya jemput bola, Puskesmas akan lebih tahu secara detail permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat terutama ibu hamil dan Balita.  “Kita tentu semakin tahu persoalannya, tentu akan memudahkan penanganannya melalui program Tancep ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk masyarakat yang memiliki risiko tinggi (Risti) kesehatan juga mendapatkan perhatian lebih dengan program Risti langsung masyarakat. Dimana masyarakat dapat melaporkan ke Puskesmas apabila di wilayahnya ada warga yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu. Puskesmas Bintuhan juga menggandeng lintas sektoral untuk bersinergi membangun derajat kesehatan masyarakat.



“Sinergitas tersebut perlu dibangun karena persoalan kesehatan di wilayah Kaur bukan hanya menjadi tanggung jawab Puskesmas Bintuhan, tapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Kaur Selatan, Alimin Syafi’i SPd yang turut hadir dalam Rakor lintas sektor itu juga menyampaikan, pihaknya sangat mendukung program yang dilakukan Puskesmas Bintuhan tersebut. Sebab masyarakat Kaur khususnya di wilayah Buntuhan, kini masih sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola mengingat aksesnya yang cukup jauh jika harus ke RSUD Kaur.

“Diharapkan Puskemas Bintuhan ini dapat dijadikan sebagai salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan fasilitas kesehatan masyarakat KS. Juga kita saya minta kepada masyarakat jika ada yang sakit, atau melahirkan, dapat segera menghubungi Puskesmas agar bisa dijemput,” tandasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*