Gencar Razia Petasan

AMANKAN Anggota Polsek Tanjung Kemuning saat memperlihatkan ratusan kotak mercon dari hasil razia, Sabtu (265
IST/Bengkulu Ekspress
AMANKAN: Anggota Polsek Tanjung Kemuning saat memperlihatkan ratusan kotak mercon dari hasil razia, Sabtu (26/5).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan Polres Kaur dalam menciptakan situasi aman, nyaman dan kondusif selama bulan suci Ramadan. Seperti halnya Polsek Tanjung Kemuning, dibawah komando Iptu Pudraini Gumay, gencar merazia petasan atau mercon pada setiap pedagang penjual kembang api. Hasilnya petugas berhasil menyita ratusan petasan dan kembang api berbagai merek yang disita dari para pedagang.

“Razia petasan ini kita gecar kita lakukan guna menghindari gangguan kamtibmas selama bulan puasa ini, dan petasan yang kita sitak ini rata-rata ilegal,” kata Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK melalui Kapolsek Iptu Pudraini Gumay, kemarin (27/5).

Dikatakan Kapolsek, setiap bulan suci Ramadan hingga lebaran, banyak pedagang dadakan yang meraup untung dengan menjual kembang api. Namun tidak menutup kemungkinan mereka juga menjual barang berbahaya seperti mercon atau petasan dengan daya ledak tinggi. Untuk itu melalui pelaksanaan razia ini yang sengaja digencarkan agar masyarakat merasa aman dan nyaman terutama saat menjalanlan ibadah puasa. ”Kita imbau kepada para pedagang, agar tidak menjual jenis petasan atau mercon yang meledak. Barang tersebut, selain membayakan diri sendiri juga bahaya pada orang lain,” imbaunya.

Ditambahkan Kapolsek, pada para pedagang diharapkan untuk tidak menjual barang-barang tersebut, karena selain membahayakan orang banyak juga mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya yang tengah melakukan ibadah puasa. Biasanya saat jelang buka puasa dan salat tarawih, para anak-anak mulai membunyikan petasan itu.

“Semoga semua kegiatan preventif yang dilakukan ini dapat membuat suasana aman, nyaman dan tentram sesuai harapan kita semua,” jelasnya.(618)