GenBI, Energi Baru untuk Indonesia

JOS HENDRI/Bengkulu Ekspress BERFOTO BERSAMA: Analisis Advisor dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Bengkulu, Satria dan jajarannya berfoto bersama GenBI di Ruang Rapat Utama Rektorat Bengkulu, Senin (15/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Generasi Baru Indonesia (GenBI) dituntut mampu menjadi pelopor bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif. Hal ini sesuai dengan harapan Bank Indonesia yang selalu menginginkan GenBI menjadi energi baru untuk Indonesia yang lebih baik. Kepala Tim Advisor dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Bengkulu, Rifat Pasha melalu Analisis Advisor, Satria mengatakan GenBI sebagai penerima beasiswa dari BI tidak hanya dituntut untuk menyampaikan berbagai informasi terkait bank sentral, akan tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

“GenBI itu merupakan energi baru bagi Indonesia, mereka akan selalu bermanfaat bagi orang di sekitarnya seperti memberikan informasi bermanfaat dan memotivasi mahasiswa lainnya agar lebih produktif,” kata Satria dalam acara GenBI Goes to Campus, Senin (15/4).

Selain itu, GenBI juga harus bisa memberikan informasi kepada mahasiswa lainnya terkait beasiswa yang diberikan BI. Apalagi hampir setiap tahunnya BI selalu memberikan beasiswa kepada 100 orang mahasiswa di Universitas Bengkulu dan IAIN Bengkulu. “GenBI harus dapat mengugah mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk mendaftarkan diri di beasiswa yang diberikan BI, sehingga akan lebih banyak lagi pemuda yang nantinya siap menjadi energi baru bagi Indonesia,” tutur Satria.  Di sisi lain, GenBI yang termasuk generasi millenial juga diharapkan memiliki keberanian dalam segala hal. Sehingga siap menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi saat ini, salah satunya mampu menciptakan inovasi.

“GenBI ini diharapkan tidak menjadi generasi instan yang menganggungkan raihan materi dan kekuasaan semata. Tapi generasi yang muda, cerdas dan berkualitas,” tutupnya.



Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Bengkulu, Ardilafiza mengatakan, BI tidak hanya berperan besar dalam perekonomian daerah, akan tetapi juga di dunia pendidikan banyak program yang telah dilakukannya. Salah satu program yang diberikannya di dalam dunia pendidikan yaitu membentuk wadah yang diberi nama GenBI.

Melalui GenBI ini, mereka membina generasi muda Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.
“Tidak hanya beasiswa, banyak hal yang telah diberikan oleh BI, termasuk ilmu pengetahuan serta menciptakan mahasiswa yang aktif dan produktif dalam setiap kegiatan,” ujar Ardilafiza. Keaktifan dan produktivitas yang dimiliki mahasiswa tersebut, diharapkan pada masa yang akan datang dapat membuat mereka mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Sehingga hanya dalam waktu 6 bulan setelah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, para mahasiswa ini telah mapan dan sukses. “Kalau mahasiswa tidak produktif dan selalu berinovasi maka nanti akan sulit sendiri, apalagi saat ini ada ribuan perguruan tinggi di Indonesia, sehingga persaingan juga tinggi, mahasiswa harus berubah, buktikan kalau mereka bisa sukses tidak hanya di nasional tetapi juga internasional,” tutupnya.(999)