Gempa 5,1 SR Guncang Bengkulu

gempa-bengkulu
Foto : IST

Gempa Kecil Tak Potensi Tsunami

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Gempa berkekuatan 5,1 SR guncang bumi raflesia Kamis malam (10/8/2018) sekitar pukul 20.30 WIB. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena tergolong gempa kecil.

Kepala BMKG Kepahiang Litman melalui stafnya Ardiansyah mengatakan gempa terjadi pukul 20.30 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 5,1 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,3 LS dan 102,23 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 KM arah utara Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu pada kedalaman 111 km.

“Gempanya tergolong kecil jadi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Benioff yaitu zona subduksi lempeng yang memiliki sudut tunjaman yang relatif curam di bawah lempeng Eurasia.

Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

Guncangan gempat dirasakan disebagian Bengkulu Kota dan Bengkulu Utara. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hingga pukul 21.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” sebutnya. (320)