Gelar Simulasi Situng

Foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pastikan kesiapan petugas dan peralatan pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menggelar simulasi Situng.

Simulasi dilaksanakan langsung di Kantor KPU Kabupaten Lebong kemarin (20/03), disaksikan langsung perwakilan Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, Kepolisian bersama para petugas yang nantinya akan melakukan scan terhadap hasil pemilu.

Devisi teknisi KPU Kabupaten Lebong, Yoki Setiawan SSos, mengatakan bahwa simulasi sendiri Dilakukan untuk mengetahui apakah ada masalah ketika nantinya dilaksanakan proses Situng, dalammengirimkan penghitungan suara ketika nantinya form model C1 dikirim bersamaan ke KPU Pusat.“Sehingga kita bisa mengetahui apakah ada masalah atau tidak,” jelasnya, kemarin (20/03).

Dimana simulasi Situng sendiri dilaksanakan secara serentak di seluruh KPU yang ada di Indonesia atau secara Nasional. Dimana simulasi dari proses scan form model C1 dari setiap TPS di entri ke Server KPU Pusat. Dimana untuk Kabupaten Lebong dilakukan proses scan form C1 dari 90 tempat pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Lebong.

“Diambil 25 persen dari total TPS yang ada yaitu 363 TPS yang ada untuk Kabupaten Lebong, “ucapnya.

Dalam pelaksanaan simulasi yang dilakukan , beruntung pihaknya teidak menemukan kendala yang berarti, sehingga dirinya berharap pada saat hari H pelaksanaan Pemilu, ketika pihaknya melakukan pengiriman ke KPU Pusat dari hasil pemilihan, tidak mengalami masalah atau kendala. “Dimana dari hasil form C1 nantinya akan ditampilkan langsung di KPU Pusat sehingga langsung diketahui hasilnya,” tutup Yoki. (614)