Gelar Relly Rakit Pelajar

ASRI/Bengkulu Ekspress
RAPAT: Kadispar Bengkulu Selatan saat menggelar rapat rencana kegiatan rally rakit di ruang kerja asisten 1 Bupati Bengkulu Selatan, Rabu (13/2).

Dispar Siapkan 100 Rakit

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress –Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Bengkulu Selatan (BS) ke-70, dinas pariwisata Bengkulu Selatan akan menggelar relly rakit di ayik Manna. Untuk peserta, panitia menyiapkan 100 rakit.

“ Rencananya akan digelar 10 Maret,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, Drs H Yulian Fauzi MAP.

Yulian mengatakan, lomba relly rakit tersebut akan diberi nama Festival Ayik Manna. Sebab lokasi lomba rakit akan digelar di sungai Air Manna. Dengan rely rakit ini, sambung Yulian pihaknya ingin menghidupkan kembali olahraga tradisional tersebut. “ Untuk lokasi star di dekat jembatan Ayik Manna dekat Colombo dan finish nanti bisa nanti di belakang Kolam renang pasar bawah, atau muara sungai Air Manna,” ujarnya.



Adapun peserta lomba rakit ini, sambung Yulian yakni pelajar, setiap rakit 2 orang peserta. Kemudian untuk peserta lomba pihaknya menyediakan rakit sebanyak 100 unit. Sehingga nanti, peserta yang mendaftar ke panitia akan disediakan rakit oleh panitia. Namun jika ada peserta yang ingin membawa rakit sendiri, Yulian juga mempersilahkannya. Setiap SMA atau SMK sederajat di Bengkulu Selatan diharapkan dapat mengirimkan perwakilan 5 regu, setiap regu sebanyak 2 orang.

“ Kalau masyarakat umum atau pemuda atau karang taruna mau ikut silahkan, sifatnya partisipasi saja untuk menambah kemeriahan lomba rely rakit tersebut,” imbuhnya.

Yulian menambahkan, untuk menambah semangat peserta, pihaknya menyediakan hadiah berupa piala dan uang tunai bagi pemenang mulai dari juara 1 hingga juara harapan III. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan doorprise bagi peserta. “ Semoga nanti semua SMA sederajat di Bengkulu Selatan bisa berpartisipasi, sehingga bisa mengenalkan olahraga tradisional ini kepada para pelajar di Bengkulu Selatan,” demikian Yulian. (369)