Gelar Pelatihan Sirekap, Surat Suara Hari ini Masuk Gudang

ZOOM MEETING: KPU Kaur melakukan praktek penggunaan aplikasi sirekap yang dipandu menggunakan aplikasi zoom metting oleh KPU RI di GSG, Selasa (24/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Menjelang pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember 2020 mendatang, berbagai persiapan terkait dengan logistik hingga alat pelindung Diri (APD) terus berdatangan, sehingga dipastikan nanti tak ada kekurangan. Selasa (24/11) KPU Kaur kembali kedatangan APD pengadaan Provinsi berupa baju Hazmat sebanyak 321 stel yang akan digunakan petugas dipintu masuk TPS. Perlengkapan APD ini merupakan sarana yang akan digunakan KPU dalam proses pencoblosan hingga penghitungan suara mendatang.

Komisioner KPU Kaur Divisi Teknis, Irpanadi S IKom menyampaikan sejumlah logistik ini nantinya akan dikemas dalam satu paket dan akan di berangkatkan sesuai dengan jadwal yangs udah ditetapkan. Dia menegaskan untuk perlengkapan APD dipastikan memenuhi standar protokol kesehatan, mulai dari masker, ember cuci tangan hingga ke penggunaan baju hazmat.

“Jadi nanti pemilih selain diwajibkan menggunakan masker juga akan dilakukan tes suhu tubuh, serta juga diharuskan menjaga jarak,” kata Irpan.

Dikatakan Irfan, menegaskan Selasa (24/11) siang pihaknya melakukan praktek penggunaan aplikasi sirekap yang dipandu menggunakan aplikasi zoom metting. Diharapkan nanti aplikasi sirekap ini dapat langsung dipahami oleh sejumlah petugas terutama dikalangan PPK dan hingga PPS dan KPPS. Pasalnya dalam aplikasi ini cukup melakukan sesi pemotretan hasil perhitungan suara kemudian dilaporkan dan hasilnya langsung dilakukan perekapan.

“Aplikasi ini memudahkan penghitungan dan juga pencocokan data, nanti hasilnya akan ditampilkan di website KPU yang bisa diakses oleh masyarakat umum sebagai acuan perolehan suara, tapi finalnya tetap di pleno,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto SE dikonfirmasi, ia mengaku masih berada di Jakarta dia juga menegaskan bila tak ada perbuhan surat suara (susu) akan diberangkatkan dari Jakarta tadi malam dan diperkirakan akan tiba siang ini di gudang logistik KPU Kaur. Selanjutnya surat suara ini selain akan dilakukan penghitungan, juga akan dilakukan pelipatan yang nantinya akan dilakukan di gudang KPU sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam PKPU.

“Surat suara sudah selesai tahapan percetakan dan akan mulai menjalani proses pengiriman,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*