Gedung Taman Budaya Rusak Parah, Dewi Qoryati Janjikan Perbaikan

Bengkulu
RIO/Bengkulu Ekspress. Anggota Komisi X DPR RI, Dewi Coryati meninjau Aula Seni Taman Budaya Provinsi Bengkulu, sore kemarin (20/1).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Anggota Komisi X DPR RI, Dewi Coryati meninjau kondisi gedung Taman Budaya Provinsi Bengkulu yang beralamat di Jalan Pembangunan, Padang Harapan, Kota Bengkulu sore kemarin (20/1).

Ia pun prihatin melihat gedung tersebut yang kondisinya sudah rusak parah, bahkan sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Terutama aulia kesenian yang selama ini dijadikan komunitas seni di Bengkulu untuk mengembangkan bakatnya.

Mengunjungi gedung tersebut guna mengetahui kondisi fasilitas dan perkembangan seni di Kota Bengkulu. Kehadirannya pun disambut oleh kepala UPTD Taman Budaya dibawah Dinas Pariwisata Bengkulu Buyung Asril.

“Beliau datang ke Bengkulu guna meninjau langsung Gedung Aula Seni Taman Budaya Bengkulu,” ujar Buyung.

Dijelaskannya, aktivitas di gedung aula seni Taman Budaya Bengkulu sangat ramai dan beragam. Beberapa komunitas seni di Bengkulu seperti seni tari, seni rupa, seni lukis, seni musik, komunitas dol, dan masih banyak lagi lainnya sering berlatih dan mengadakan pagelaran di aula tersebut.

“Banyak komunitas seni yang sering berlatih dan mengadakan pementasan budaya disini,” ungkapnya.
Namun kondisi Gedung Aula Seni Taman Budaya Bengkulu jauh dari layak. Kondisi bangunna yang sudah tua memerlukan renovasi dan pembenahan yang khusus guna menunjang kenyamanan para pengguna gedung.

“Kami sudah pernah mengajukan anggaran untuk perbaikan, namun masih belum ada hasil,” lanjutnya.
Dikatakannya renovasi sangat diperlukan guna menjadikan dedung aula seni itu pusat dari semua kegiatan budaya yang dilakukan oleh komunitas seni di Bengkulu.

“Perbaikan diperlukan agar para pengguna gedung merasa nyaman menggunakan gedung ini, kami berharap dengan kunjungan beliau mampu membawa perubahan,” harap Buyung.

Sementara itu, Dewi Coryati mengatakan,  gedung tersebut memang harus segera mendapatkan perbaikan dan pembenahan khusus.

“Harus segera diadakan perbaikan untuk menunjang berbagai kegiatan yang ada disini,” ujarnya.

Dikatakannya, sepulangnya dari Bengkulu, ia akan membawa rencana perbaikan ini pada rapat DPR RI di Senayan nanti. Ia juga berjanji akan mengajukan anggaran untuk perbaikan gedung ke APBN.

“Saya akan coba ajukan anggaran untuk perbaikan gedung ini, nanti kalau ada revisi anggaran atau kita masukkan ke anggaran tahun depan,” janjinya.

Dalam kunjungannya, Dewi juga sempat bertanya kepada beberapa anggota komunitas yang sedang berada disana dan mengakhirinya dengan sesi foto bersama.

Ia juga menyampaikan harapannya agar komunitas seni yang ada di Bengkulu terus berkembang dan akan ada kemajuan untuk pembangunan gedung.

“Semoga komunitas seni di Bengkulu semakin maju dan rencana perbaikan gedung bisa terealisasi,” tutupnya.(cw2)