Gedung PSC 119 Lebong Beroperasi Akhir Maret

ERICK/BE
GEDUNG : Gedung PSC 119 yang dibangun tepat di depan kantor Dinkes Lebong yang nantinya dipergunakan untuk penanganan kedaruratan di Kabupaten Lebong.

LEBONG,bengkuluekspress.com – Jika tidak ada halangan, gedung Public Safety Center (PSC) 119 yang akan digunakan untuk penanganan kesehatan ketika bencana di Kabupaten Lebong akan mulai beroperasi dan dilaunching pada akhir Maret 2021 ini.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, RachmanSKM MSi mengatakan, bahwa untuk saat ini pihaknya tengah mempersiapkan seluruh kebutuhan baik sarana dan prasarana (interior, eskterior maupun tenaga kesehatan) untuk gedung PSC 119.
“Saat ini persiapan terus kita lakukan agar bisa secepatnya di fungsikan akhir bulan Maret,” sampainya, Senin (15/03).

Menurut Kadinkes, untuk sarana dan prasarana nantinya kemungkinan besar belum bisa dikatakan mencukupi. Karena keterbatasan anggaran yang dimiliki, namun hal tersebut tidak akan dijadikan penghalang dalam membantu memberikan pelayanan kedaruratan di Kabupaten Lebong. Dimana nantinya gedung PSC 119 akan memiliki sebanyak 10 petugas kesehatan yang bisa selalu siap dalam memberikan bantuan.
“2 dokter umum, masing-masing 4 Bidan dan Perawat dan 1 orang sopir karena kita memiliki 1 unit mobil oprasional,” ucapnya.

Ditambahkan Rachman, PSC sendiri merupakan program dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan yang berencana akan menjadikan PSC sebagai program nasional dibidang penanganan kesehatan yang dapat membuat penanganan kesehatan lebih cepat ketika terjadi bencana.
“Karena tim atau petugas Kesehatan akan selalu disiagakan sehingga akan cepat memberikan pertolongan,” jelasnya.
Meskipun PSC nantinya telah dibangun, bukan berarti PSC akan berdiri sendiri dalam memberikan bantuan ketika terjadi bencana alam. Namun PSC sebenarnya masih berada dibawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selaku induk dalam menangani ketika terjadi bencana.
“PSC sendiri akan masuk kedalam Sub yang ada di BPBD,” tutupnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*