Gedung Perpusda Terkendala Lahan

perpustakaan
PHOTO;IST

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Belum adanya kepastian lahan tempat pembangunan gedung pelayanan Perpustakaan Daerah, membuat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM memutar otak.

Dari hasil koordinasi dengan pemerintah pusat, Yuhannah mengaku bahwa ada peluang untuk mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 10 miliar.

“Sejujurnya, saya sedih melihat kabupaten-kabupaten lain sudah memiliki gedung perpustakaan yang sangat bagus dan representatif. Sedangkan Kabupaten Benteng belum ada. Sebab itulah, saya akan mengejar DAK agar kiranya bisa dikucurkan untuk pembangunan kantor layanan perpustakaan. Harapan kami, agar DAK bisa didapatkan Pemda Kabupaten Benteng pada tahun 2018 ini,” kata Yuhannah.

Hanya saja, sambung Yuhannah, saat ini pihaknya masih menemui kendala pada status lahan. Dimana, lahan yang digunakan untuk kantor DPAD Kabupaten Benteng saat ini masih berstatus sebagai lahan rumah dinas (Rumdin) Camat Talang Empat.



“Kami masih terganjal pada status lahan,” keluhnya.

Lebih lanjut, Yuhannah mengatakan, bahwa pihaknya tidak mempermasalahan lahan yang telah disiapkan untuk kantor DPAD Kabupaten Benteng di kawasan pusat perkantoran Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi. Setelah dibangun nantinya, kantor di Renah Semanek bisa digunakan oleh para ASN untuk melakukan berbagai kegiatan tentang kedinasan.

Sedangkan gedung pelayanan perpustakaan akan dimanfaatkan untuk melayani masyarakat yang ingin membaca buku, meminjam buku maupun mengikuti berbagai kegiatan yang dipelopori DPAD Kabupaten Benteng. Seperti pembinaan kelompok UKM serta kursus gratis kepada masyarakat dan pelajar.”Sesuai dengan PP nomor 2 2004 tahun 2014, lokasi kantor pelayanan perpustakaan harus strategis serta dekat dengan masyarakat serta sekolah. Atas pertimbangan itu, lahan rumdin Camat Talang Empat merupakan lokasi yang tepat,” tandasnya.

Terpisah, Asisten III Setda Pemkab Benteng, Mun Gumiri SIP mengaku akan memperjuangkan pengalihan status lahan Rumdin Camat Talang empat menjadi kawasan kantor Dinas Perpustakaan.”Dalam waktu dekat kita akan coba untuk mengubah status kepemilikan lahan. Terlebih lagi, Camat Talang Empat juga tak menempati Rumdin. Ini masalah gampang. Kami akan dukung agar DAK bisa diraih,” tegas Mun Gumiri.(135)