Gareth Barry Bawa Man City Ungguli Reading, 1-0

city unggulManchester City akhirnya mampu menundukkan Reading  dalam lanjutan Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (22/12).  Kemenangan skuad asuhan Roberto Mancini ini berkat gol yang dicetak oleh Gareth Berry di massa injury time.

Kemenangan tersebut, berhasil memangkas jarak antara Man City dengan pimpinan klasemen Manchester United.  Kemenangan atas Reading membuat Man City meriah 39 point, sedang MU saat ini memiliki 42 point.

Sejak babak pertama, Man City langsung menekan sejak menit-menit awal. Sejumlah peluang pun mampu dihasilkan dari kaki Carlos Tevez dan kawan-kawan.

Pada menit ke-16 misalnya, Tevez memperoleh peluang di jantung pertahanan Reading. Menerima umpan Sergio Aguero, bomber asal Argentina itu melepaskan tembakan keras. Sayang, usahanya masih dapat digagalkan kiper Adam Federici.

Sepanjang babak pertama ini, City terlihat dominan melakukan serangan. Sementara, Reading lebih banyak menekan dengan serangan balik cepat yang tidak terlalu membahayakan barisan pertahanan The Citizens.

City yang lebih banyak melakukan serangan dari sisi kanan lapangan, kembali mendapat peluang melalui Aguero pada injury time. Beruntung, barisan pertahanan Reading, mampu mengantisipasi umpan yang diarahkan kepada Tevez tersebut.

Memasuki babak kedua, City kembali menekan. Di menit ke-50 tendangan bebas Tevez di sisi kanan pertahanan Reading. Bola melambung mengarah gawang, namun Federici mampu menghalau dengan tangannya.

Enam menit kemudian, sepakan sang gelandang David Silva dari dalam kotak penalti.  Bola sempat mengenai kaki salah seorang pemain Reading dan bola mengarah ke gawang. Namun, penjaga gawang, Federici dengan sigap menangkap bola.

Untuk menambah tekanan, secara berturut-turut Roberto Mancini melakukan pergantian pemain. Javi Garcia keluar dan Edin Dzeko masuk.  Kemudian giliran Carlos Tevez ditarik keluar digantikan Scott Sinclair.  Terakhir bek kiri City, Karim Rekik juga ditarik keluar. Mancini memasukkan James Milner.

Hasilnya, Manchester City akhirnya bisa memecah kebuntuan saat pertandingan sudah memasuki injury time. Berawal dari umpan manis Silva di sisi kanan pertahanan Reading, Barry mampu melanjutkan dengan sundulan kepala di dekat tiang kiri gawang.  Bola ini tidak mampu dijangkau Federici. Manchester City unggul 1-0.  Kedudukan ini bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit.(**)