Gardu Listrik Fatmawati Terbakar

RATU SAMBAN, BE – Gardu listrik dengan status BAA 065 yang terletak di Jalan Fatmawati Penurunan, tadi malam terbakar.  Api memercik dari sela-sela kabel listrik jenis SL yang mengakibatkan padamnya sejumlah lampu rumah di Kelurahan Penurunan.  Bau asap menyebar di sekitar lokasi. Peristiwa ini sempat menjadi perhatian warga sekitar yang berkerumun di sekitar gardu.

“Awal mulanya api kecil yang muncul dari salah satu kabel. Lama kelamaan apinya mulai membesar. Kejadiannya berlangsung sekitar 15 menit. Terus apinya padam sendiri,” kata Andika (18), tukang tambal ban yang berada persis didepan gardu listrik tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua RT 2 Penurunan, Ade, yang sempat ikut menyaksikan kejadian ini. Ia sempat khawatir api membesar dan mengakibatkan kerusakan yang parah. Namun setelah api padam, kekhawatirannya tersebut surut.  “Saya sempat cemas. Petugas PLN yang dihubungi cukup lama tiba di lokasi. Padahal warga sudah banyak yang resah karena lampu rumah mereka padam,” ucapnya.

Salah satu petugas yang datang memperbaiki, Agung, staf pemeliharaan PT PLN Rayon Teluk Segara mengatakan peristiwa ini terjadi akibat lost contact atau konsleting pada salah satu kabel. Menurutnya hal ini biasa terjadi akibat posisi kabel yang labil diterjang angin dan hujan yang terjadi pada beberapa hari terakhir.

“Kejadian ini akibat hujan terus menerus. Butuh waktu satu jam untuk memperbaiki ini,” ujar Pria Sumatera Selatan yang mengaku baru bertugas di Bengkulu selama 6 bulan terakhir ini.

Manager PT PLN Rayon Teluk Segara Puput Semptemberini ST membenarkan kejadian ini. Atas peristiwa ini, ia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. (cw1)